Maraknya Proyek Baru Dongkrak Penjualan Produk Pemanas Air

186 views

 

Maraknya pembangunan hotel dan apartemen di kota-kota besar di Indonesia turut berimbas pada penjualan produk pemanas air. Kehadiran sejumlah proyek baru tersebut mampu mengerek penjualan produk pemanas air.

“Penjualan kita memang terbantu dengan adanya pembangunan proyek-proyek seperti hotel. Di Denpasar misalnya pertumbuhan penjualan naik hingga 20 persen karena banyaknya proyek disana,” ungkap Susan Gozali, Direktur PT. Perwirabhakti Sentrasejahtera, pemegang merk pemanas air Daalderop di Indonesia.

Dijelaskan Susan, sejak hadir di Indonesia tahun 1993 pasar produk pemanas air asal Belanda Daalderop terus tumbuh. Tercatat di tahun 2017 pangsa pasar Daalderop tumbuh hingga 30 persen dibanding tahun sebelumnya.

“Pangsa pasar terbesar kita ada di Jakarta sebesar 30 persen dan Denpasar 20 persen. Kalau di Jakarta pasar lebih banyak diretail,” imbuhnya. Diakui Susan dari penjualan produk Daalderop, masih didominasi oleh perorangan yang angkanya mencapai 70 persen.

“Customer kita memang kebanyakan masih perorangan. Mereka merupakan customer loyal kita yang sangat puas dengan produk pemanas air Daalderop,” jelasnya.

Masih adanya stigma yang beranggapan bahwa pemanas air beresiko membuat seseorang tersengat listrik, lanjut Susan, menjadi kendala penjualan produk Daalderop.

“Stigma itu masih ada, tapi kita terus mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa produk kita sangat aman. Terbukti penjualan tetap stabil,” tukasnya.

Saat ini, kata Susan, Daalderop memimpin pasar pemanas air di Eropa Barat dan telah mengembangkan pasarnya ke Timur Tengah dan Asia Tengah. Dengan menjamin kualitas produk dan layanan purna jual, Daalderop telah berhasil mendapatkan kepercayaan masyarakat Indonesia.

“Daalderop selalu mengutamakan kualitas. Untuk produk misalnya, Daalderop menggunakan tabung tembaga yang tahan karat dan korosi sehingga air terjaga kebersihannya. Elemen pemanas Daalderop terbuat dari keramik dan tidak bersentuhan langsung dengan air (kering, red) sehingga bebas dari bahaya sengatan listrik,” urai Susan.

Selama 25 tahun hadir di Indonesia, kini Daalderop telah memiliki 5 cabang yang tersebar di kota-kota besar diantaranya, Surabaya, Malang, Semarang, Bandung, dan Denpasar (rur)