Kapolda Jatim Serahkan Bantuan Rp1 Miliar untuk Korban Gempa Lombok

126 views
(rur/hariansurabaya.com)

SURABAYA – Dalam penanganan korban gempa di Lombok, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Machfud Arifin menyerahkan bantuan uang senilai Rp 1 miliar.

Penyerahan bantuan dilakukan, Minggu (12/8/2018) kemarin oleh Kapolda Jatim dan diterima langsung oleh Kapolda NTB, Irjen Pol Achmat Juri bentuk cek giro di depan Mapolda NTB.
“Nantinya, uang senilai Rp 1 miliar tersebut akan dipergunakan untuk kepentingan operasional dan kepentingan masyarakat korban gempa di Lombok. Terutama untuk kebutuhan dapur umum, guna  melayani kebutuhan  para pengungsi,” ujar Irjen Machfud Arifin, melalui rilisnya, Senin (13/8/2018).

Kapolda Jatim juga mengungkapkan keprihatinannya atas kondisi di Lombok pasca gempa. Karena itu,   ia berharap mudah-mudahan keadaan ini cepat pulih kembali, sehingga aktifitas masyarakat dan  kegiatan  pariwisata pun dapat kembali normal.

Menurutnya, saat ini cukup banyak kegiatan  nasional maupun internasional yang akan digelar di Bali. Tentu  para tamu-tamu yang datang ingin berkunjung ke NTB, khususnya ke Lombok.

“Karena itu, saya berharap kondisi ini cepat pulih kembali. Agar  masyarakat bisa terlayani dengan baik, ditambah lagi beberapa bulan kedepan natal dan tahun baru sehingga banyak tempat-tempat pariwisata yang harus dihidupkan kembali. Saya berharap  kiranya  recovery harus cepat dilakukan, dan diharapkan pula gempa  tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Bantuan ini merupakan wujud kepedulian masyarakat Jawa Timur dan para anggota Polda Jatim terhadap Polda NTB dan untuk masyarakat NTB. Bantuan serupa juga disalurkan Bhayangkari Cabang Jawa Timur melalui Bhayangkari Pusat untuk  disalurkan melalui  Bhayangkari Polda NTB. Bantuan itu  juga sama,  akan dipergunakan untuk kepentingan para korban bencana gempa bumi.

Menurut Machfud Arifin, ia  lebih cenderung mengirim uang tidak dalam bentuk barang. Sebab  barang yang akan  kirim  justru sangat merepotkan wilayah untuk mengaturnya, karena itu pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada  Polda NTB yang akan mengaturnya mana yang akan lebih dibutuhkan masyarakat.

Selain itu, Polda Jawa Timur juga mengirim pasukan sebanyak  200 personil Brimob untuk evakuasi dan tim medis sebanyak 50 personil.

Kapolda NTB, Irjen Pol Achmat Juri mengucapakan terima kasih atas bantuan dari Polda Jatim. Ia menegaskan bantuan ini merupakan penguatan untuk kegiatan Polda NTB dan bentuk dukungan moril dari masyarakat Jawa Timur dan anggota Polri, ibu-ibu Bhayangkari untuk masyarakat korban gempa di Lombok.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pimpinan Polri dan seluruh anggota Polri, ibu-ibu Bhayangkari serta  masyarakat yang  peduli dengan para korban gempa di Lombok ini. Semuanya ikut andil menyalurkan bantuan,” tukas Kapolda NTB.

Usai serahterima bantuan, Kapolda Jatim bersama rombongan dengan diantar  Kapolda NTB, meninjau dapur umum yang didirikan di halaman rumah dinas Irwasda. Sebagaimana diketahui, di lapangan Gajah Mada Mapolda, terdapat ribuan pengugsi yang berasal dari berbagai lingkungan disekitar Polda NTB. Jumlah pengungsi  semakin bertambah, karena menyusul adanya isu akan terjadi lagi gempa susulan, pada Sabtu (11/8/2018) malam. (rur)