Tidak Hanya Menyedapkan Masakan, Lada Memiliki Manfaat Lain Yang Menakjubkan

256 views

Lada bukanlah rempah yang asing bagi kita. Berasal dari India, lada merupakan bumbu yang acap digunakan dalam berbagai masakan. Tidak sekedar menambah kenikmatan, rempah yang disebut sebagai The King of Spice ini memiliki beberapa manfaat menakjubkan. Diantaranya adalah :

  1. Melegakan pernapasan

Saat flu menyerang, hidung terasa mampet dan Anda pun sulit bernapas. Sifat antibakteri pada lada akan membantu tubuh melawan kuman penyebab flu sekaligus membersihkan lendir pada rongga hidung. Tambahkan sejumput lada pada sup Anda dan pernapasan pun jadi lega.

  1. Mencegah terjadinya kanker

Kandungan antioksidan dalam lada berfungsi untuk memperbaiki atau menangkal kerusakan yang dsebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas ini terbentuk dari hasil metabolisme oksidatif yang menyerang sel sehat dan menyebabkan DNA sel tubuh mengalami mutasi menjadi sel kanker.

  1. Meningkatkan pencernaan

Lada akan merangsang produksi asam klorida yang fungsinya memecah protein dan membantu meningkatkan pencernaan. Sementara antioksidannya bermanfaat untuk memerangi bakteri patogen dalam usus. Oleh sebab itu tak perlu ragu untuk menambahkan lada dalam masakan Anda agar sekresi dan kinerja pencernaan menjadi lancar.

  1. Mengobati penyakit tukak lambung

Sifat antioksidan dan anti inflamasi pada lada bermanfaat untuk membantu mengurangi terjadinya tukak pada lambung.

  1. Mengendalikan detak jantung

Kandungan potasium dalam lada bermanfaat untuk menjaga detak jantung agar tetap stabil. Kekurangan potasium akan menyebabkan terjadinya aritmia jantung, yakni detak jantung tidak beraturan sehingga kemampuan memompa darah pun tidak efisien. Jika hal ini dibiarkan akan menyebabkan stroke atau kematian tiba-tiba.

  1. Mengurangi risiko penyakit Parkinson

Kandungan piperin dalam lada mampu menghambat enzim yang mengganggu produksi hormon dopamin. Biasanya dopamin sebagai neurotransmiter otak pada penderta Parkinson jumlahnya sedikit. Konsumsi lada hitam membantu mengurangi timbulnya gejala penyakit satu ini. [Ay]

 

Sumber gambar : https://pixabay.com