Ingin Aman Konsumsi Daging Kambing? Konsumsi Sayur dan Buah Ini

172 views

Banyak orang yang percaya kalau pantang bagi mereka penderita hipertensi untuk makan daging kambing. Sebab daging hewan satu ini dipercayai sebagai penyebab naiknya tekanan darah. Dikutip dari laman NCBI, K. Sunagawa dan rekan menyatakan bukan daging kambing penyebab hipertensi. Melainkan garam yang ditambahkan sewaktu memasak daging hewan satu ini.

Meskipun demikian jika dinikmati secara berlebihan, kandungan lemak jenuh pada kambing memang tidak baik untuk kesehatan. Terutama jantung. Untuk menetralisirnya Anda perlu mengkonsumsi deretan makanan berikut ini.

  1. Ketimun

Kandungan senyawa sterol pada ketimun mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)

  1. Wortel

Wortel mengandung Serat larut (soluble fiber). Manfaat serat larut ini adalah wortel mengikat kolesterol yang hendak diserap usus dan masuk ke aliran darah. Oleh sebab itu konsumsi wortel membantu menurunkan kadar kolesterol sekaligus menurunkan resiko penyakit jantung.

  1. Kentang

Kentang kaya akan mineral dan serat. Akan tetapi, mengandung sedikit lemak (0,1 gr) dan tidak mengandung kolesterol. Menikmatinya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Asalkan Anda merebus dan bukan  penggorengnya.

  1. Kubis

Kandungan serat larut dan fitosterol dalam kubis mengikat kolesterol jahat dan membawanya keluar dari pembuluh darah. Oleh sebab itu konsumsi kubis dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

  1. Jeruk

Meminum jus jeruk secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal ini sudah dibuktikan oleh Nancy P. Aptekmann dan Thais B. Cesar dalam penelitiannya yang dipublikasikan di laman NCBI tahun 2013 silam.

  1. Tomat

Kandungan likopen pada tomat merupakan antioksidan yang dapat menurukan kadar LDL serta mencegahnya mengalami oksidasi. Perlu diketahui, kolesterol yang teroksidasi merupakan pemicu timbulnya serangan jantung akibat terbentuknya plak di arteri. [Ay]

 

Sumber gambar : https://pixabay.com