Ingin Rambut Sehat Alami? Pakailah Bahan-Bahan Berikut Ini

Memiliki rambut lembut,sehat, dan berkilau adalah impian. Banyak yang rela menggelontorkan uang di salon untuk merawatnya. Tidak mengherankan sebab tampilan rambut yang buruk yang mempengaruhi mood sepanjang hari.

Sebenarnya merawat rambut nggak harus mahal. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk membuat rambut seindah impian. Berikut ini enam bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat rambut Anda :

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa kaya akan antioksidan. Sifat antibakteri, antivirus dan antijamurnya membuat bahan alami satu ini memiliki keunggulan apabila digunakan untuk merawat rambut dan kulit kepala. Tidak hanya meningkatkan kesehatan kulit kepala, akan tetapi melembabkan, mendorong pertumbuhan rambut baru, memperbaiki yang rusak, sekaliguss menjaganya tetap sehat. Cukup tuangkan minyak dan pijat seluruh kepala dengannya, rambut yang indah akan Anda dapatkan.

  1. Pisang

Pisang kaya akan magnesium, protein, kalium, vitamin B, serta vitamin C. Menggunakan pisang sebagai masker rambut bisa mengembalikan kelembaban, memberikan hidrasi yang baik, juga melindungi elastisitas rambut sehingga tidak mudah patah dan bercabang.

  1. Lidah buaya

Kandungan enzim proteolitik pada lidah buaya berfungsi untuk memperbaiki sel yang rusak di kulit kepala, memberi stimulus pada folikel rambut yang tak aktif, sekaligus merangsang pertumbuhannya. Sementara sifat antiinflamasi, antijamur, dan antivirusnya membantu mengatasi iritasi, pengelupasan kulit kepala, dan ketombe.

  1. Alpukat

Vitamin B dan E yang terdapat pada alpukat berfungsi melindungi serta memperkuat rambut sehingga rambut tidak mudah patah dan tumbuh sehat. Oleskan alpukat yang sudah dihaluskan dan ditambah air secukupnya sebagai kondisioner agar rambut lebih lembut dan elastis.

  1. Telur

Protein dan nutrisi pada telur bagus untuk rambut. Tidak hanya membantu pertumbuhan, tetapi juga menekan kerontokan rambut dan memperkuat akarnya. Kandungan lutein pada kuning telur mengurangi kerusakan, kerapuhan, dan memperbaiki tekstur rambut di saat bersamaan. Putih telurnya berfungsi untuk menyuburkan dan membuat rambut sehat kemilau.

  1. Kemiri

Asam linoleat dan linolenat pada kemiri bermanfaat untuk memberikan nutrisi, melembabkan, mencegah kerontokan, dan memberikan kilau yang sehat pada rambut. Kemiri juga mampu mencegah kulit kepala kering dan terjadinya ketombe. Usapkan minyak kemiri di kepala, lalu pijat-pijat hingga merata. [Ay]

 

Sumber gambar : https://www.pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 13 =

Harian Surabaya @2018, All right reserved