Serentak, BI Salurkan Hewan Kurban dan Bantu Rumah Ibadah

109 views
(tey/hariansurabaya.com)

SURABAYA – Bank Indonesia (BI) terus menjaga komitmennya untuk berperan dalam pengembangan ekonomi, menjaga kestabilan harga, serta pemberdayaan masyarakat. Hal ini pulalah yang terlihat dalam kegiatan Hari Raya Idul Adha 1439 H di Kantor Perwakilan (KPw) BI Jatim.

Untuk pertama kalinya, BI merayakan Idul Adha secara serentak dan disaksikan Anggota Dewan Gubernur BI melalui video conference di Kantor Pusat maupun di 46 Kantor Perwakilan BI di seluruh Indonesia. Dimana BI Jatim menyalurkan hewan kurban serta Program Sosial BI (PSBI) kepada masyarakat sekitar.

“Yang istimewa dari hewan kurban di BI Jatim ini adalah mereka diambil dari klaster binaan BI di Tuban yang menggunakan sistem anti-rugi,” tutur Difi A. Johansyah, Kepala KPw BI Jatim, Rabu (22/8) pagi.

Sistem anti-rugi ini adalah sistem kemitraan antara koperasi dan peternak sapi, dimana sejak awal bakalan sapi yang dipelihara peternak telah disepakati terlebih dahulu harga jualnya dengan koperasi. “Jadi, peternak tidak akan dirugikan, karena mereka sudah mengetahui harga jual sapinya,” lanjut Difi.

Total terdapat 13 ekor kambing dan 7 ekor sapi yang dipersiapkan KPw BI Jatim. 12 diantaranya terdiri 5 ekor sapi dan 7 ekor kambing dilakukan prosesi penyembelihannya di gedung KPw BI Jatim. Lebih dari 800 kantong daging kurban, disalurkan KPw BI Jatim kepada masyarakat di sekitar kantor dan rumah dinas BI Jatim serta sejumlah komunitas di Jatim.

Selain itu, dalam rangka Idul Adha tahun ini, KPw BI Jatim juga memberikan bantuan PSBI kepada sejumlah rumah ibadah dan kelompok masyarakat di Surabaya dan sekitarnya. “Bantuan yang kami berikan sesuai kebutuhan mereka, seperti perbaikan sarana prasarana, sound system, renovasi dan juga karpet,” tuturnya.

Melalui perayaan Idul Adha ini, BI berharap dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat di daerah. “Sudah menjadi komitmen kami untuk selalu mendorong pengembangan ekonomi masyarakat Jatim,” pungkas Difi. (try)