BI Gelar Lomba Karya Tulis ‘IMF-WBG Annual Meetings 2018’

297 views

JEMBER – Oktober 2018 mendatang, Indonesia menjadi tuan rumah Pertemuan Keuangan Terbesar di dunia, yakni Pertemuan Tahunan IMF – Bank Dunia 2018 (IMF-WBG Annual Meetings).

Asisten Direktur Bank Indonesia (BI) Task Force on IMF-WB Annual Meeting 2018, Arditya Dinar Fiskiawan yang didampingi Kepala BI KPw Jatim, Difi A.Djohansyah menjelaskan, terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah menunjukkan tingginya kepercayaan dunia internasional, sekaligus bentuk pengakuan atas keberhasilan Indonesia di bidang ekonomi.

“Even ini akan dihadiri Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari 189 negara anggota IMF dan World Bank, para investor, pelaku bisnis, instansi parlemen, komunitas perbankan, akademisi, media dan partisipan lain, yang totalnya diperkirakan lebih dari 15.000 orang,” kata Arditya di sela Pelatihan Wartawan Se-Jatim yang digelar BI KPw Jatim di Aston Jember Hotel, Kamis (23/8) malam.

Berbagai kegiatan, lanjutnya, akan berlangsung di Nusa Dua, Bali, 12 -14 Oktober 2018 nanti yang diharapkan memberi manfaat besar bagi masyarakat Indonesia, baik manfaat jangka panjang maupun jangka pendek. “Selain dampak langsung yang bisa dirasakan berupa devisa, acara ini juga sebagai ajang promosi pariwisata serta kemajuan perekonomian Indonesia,” tambahnya.

Tidak hanya itu, kata Arditya, Indonesia juga memiliki kesempatan tampil dan memperkenalkan diri sebagai negara dengan tingkat pertumbuhan yang baik di banyak bidang. Sekaligus mempromosikan potensi-potensi sumber daya yang dimiliki, serta kebijakan-kebijakan ekonomi yang reformis, adaptif dan berdaya tahan.

Terkait akan pelaksanaan IMF World Bank Annual Meetings 2018 tersebut, BI menggelar lomba karya tulis artikel opini dan featured news. Tema lomba ‘Ketika Dunia Datang ke Indonesia, Memanfaatkan Momentum Pertemuan Ekonom dan Keuangan Terbesar di Dunia Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia’.

“Lomba karya tulis artikel opini dan featured news ini terbagi 2 kategori, featured news untuk wartawan dan artikel opini untuk masyarakat umum. Dengan syarat panjang tulisan minimal 1.500 kata dan telah dimuat di media cetak atau online edisi 1 Januari – 31 Agustus 2018,” ujarnya.

Karya lomba dikirimkan ke alamat email Panitia Lomba di am2018_bi@bi.go.id dengan melampirkan naskah dan bukti penayangan di media pers baik cetak ataupun online, paling lambat 4 September 2018.

Nama-nama pemenang lomba akan diumumkan 19 September 2018 di website Bank Indonesia (www.bi.go.id) dan web site Panitia Nasional Annual Meetings IMF WB 2018 (am2018bali.go.id).

“Saya berharap, masyarakat umum dan para wartawan yang mengikuti pelatihan ini mengikuti lomba karya tulis ini. Panitia menyediakan hadiah yang sama untuk kedua kategori tersebut, masing-masing Macbook Pro 256 GB untuk Juara 1, Macbook Air 256 GB untuk Juara 2, dan Samsung Galaxi S9 untuk Juara 3, serta masing-masing Rp 1 juta untuk 7 finalis,” pungkas Arditya. (try)