Kerupuk Udang Finna Indonesia Diminati RRT

345 views

JAKARTA – Gelaran akbar Asian Games 2018 telah bergulir. Ribuan atlet berpartisipasi untuk menjadi yang terbaik pada ajang yang digelar setiap 4 tahun tersebut. Selain para atlet, hadir unsur-unsur lain yang mewakili negara kontestan, seperti pelatih dan official serta jurnalis yang meliput Asian Games untuk negaranya.

Dalam rilisnya, Jumat (24/8) disebutkan, baru-baru ini, jurnalis asal Republik Rakyat Tiongkok (RRT), yakni Shen Haishen menulis artikel mengenai produk kerupuk udang Indonesia, Finna yang rasanya 100 kali lebih lezat dari produk sejenis.

Pengalaman itu ia tuangkan dalam artikel di website toutiao. Ia bercerita, bahwa sejak kecil tak pernah merasakan kerupuk udang. Shen hanya berpikir kerupuk udang adalah potongan udang yang digoreng dan renyah. Ia pun sempat berpikir, kerupuk udang yang belum digoreng seperti ‘plastik’ dan kemudian mengembang menjadi camilan yang besar setelah dimasak.

Tapi, rasa penasarannya terjawab setelah mencoba kerupuk udang disela kesibukannya meliput Asian Games 2018 di Jakarta. Ia menyempatkan untuk mencoba berbagai kuliner lokal di sekitar area pertandingan Asian Games.

Di Indonesia, kerupuk udang adalah makanan populer yang bisa dijadikan makanan ringan ataupun pelengkap aneka hidangan. Shen menemukan fakta menarik bahwa kerupuk udang Indonesia dihasilkan dari udang segar yang berasal dari Samudera Pasifik dan Samudera Hindia yang kemudian diproduksi dengan tepung tapioka.

Setelah menjadi adonan kerupuk, barulah dipotong tipis-tipis dan menjadi kerupuk udang mentah yang kemudian digoreng hingga menjadi kerupuk udang yang renyah, khususnya kerupuk Finna. Setiap potongan kerupuk udang mengandung komposisi bahan baku udang yang cukup sehingga rasanya sangat lezat.

Finna Food adalah sebuah brand dari PT Sekar Laut yang telah dikenal di berbagai belahan dunia. Brand yang telah ada sejak 52 tahun silam ini disukai karena rasanya.

Kerupuk Finna dan berbagai produk lain PT Sekar Laut telah diekspor ke 5 benua. Tak heran, penghargaan demi penghargaan pun diraih perusahaan yang berpusat di Kota Surabaya ini. Salah satunya adalah Primaniyarta Award 2015. Brand FINNA berhasil menyabet gelar ini karena menjadi eksportir paling berprestasi. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo. (try)