Surabaya jadi Tuan Rumah Startup Nations Summit 2018

113 views

SURABAYA – Kota Surabaya akan menjadi tuan rumah gelaran internasional Startup Nations Summit (SMS) 2018 yang menghadirkan para industri kreatif dari berbagai negara yang digelar November 2018.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Jumat (24/8/2018), mengatakan, Startup Nations Summit akan dihadiri 170 delegasi yang berkolaborasi dengan empat event lain, seperti Inno Creativitation, Bekraf Festival, Kamadjaja Logistics Hackathon Day, dan Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan.

“Kami ingin masyarakat Surabaya sadar bahwa kita memasuki era baru, di mana enterpreneurship dan startup itu mulai membangunkan semua,” kata Risma.

Dia mengatakan, gelaran SNS kali ini merupakan kegiatan ke 7, setelah sebelumnya digelar di Kota Tallinn, Ibu Kota Estonia. Dalam gelaran tersebut, Pemkot Surabaya menggandeng rektor, guru serta ahli akademisi agar turut menggugah semangat para entrepreneur muda.

“Entrepreneur adalah sebuah pilihan tepat. Tantangan anak muda pada 2040 adalah bagaimana bisa menciptakan sebuah lapangan pekerjaan, bukan mencari kerja,” ucapnya.

Ditambahkannya, acara yang bakal digelar di Grand City Mall pada 16-17 November 2018 tersebut akan menjadi agenda digital kreatif yang membuat Surabaya sebagai kota kreatif pertama di Indonesia.

“Kami ingin memajukan dunia startup Surabaya dan membawa kota ini berjajar dengan kota-kota besar di bidang startup dunia,” imbuhnya.

Sementara itu, Presiden Global Entrepreneurship Network (GEN) Jonathan Ortmans menambahkan, dalam forum tersebut tidak hanya membahas sebuah selebrasi atau membicarakan kisah sukses para entrepreneurship, tetapi juga mendiskusikan hambatan-hambatan yang dialami oleh masing-masing startup.

Nantinya akan ada share knowledge (berbagi pengetahuan) tentang kelebihan dan juga kekurangan dari setiap proses startup. Dan itu bisa dilihat dalam Hackathon atau juga program pithcing dalam SNS 2018. (rur)