Selasa Pagi Jamaah Haji Debarkasi Surabaya Tiba di Tanah Air

138 views

SURABAYA – Jamaah Haji Debarkasi Surabaya akan tiba di tanah air pada Selasa (28/8/2018) dini hari besok, sekitar pukul 01.00 WIB. Para jamaah akan diterima di Asrama Haji Sukolilo pada pukul 03.00 WIB.

Jamal Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur mengatakan, pesawat Saudi Arabia Airline dengan nomer penerbangan SV 5110 yang menerbangkan jamaah haji kloter 1 dari Jeddah akan mendarat di Bandara Juanda pukul 01.00 WIB.

“Insyallah, masih seperti jadwal semula pesawat kloter pertama akan landing sekitar pukul 01.00 WIB di bandara Juanda,” kata Jamal, Senin (27/8/2018).

Kedatangan jamaah haji kloter pertama ini, lanjut Jamal, akan diterima di Asrama Haji Debarkasi Surabaya pukul 03.00 WIB untuk menjalani beberapa proses, diantaranya pengecekan dokumen oleh pihak imigrasi, scanner suhu tubuh jamaah haji oleh tim kesehatan serta penyerahan air zam zam.

“Jamaah haji akan kami terima dulu di Asrama Haji untuk proses pengecekan dokumen, scanner suhu tubuh serta kita berikan 5 liter air zam zam pada masing-masing jamaah. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk semua proses ini pada masing-masing kloter,” katanya.

Terkait teknis penjemputan jamaah haji, Jamal menuturkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya hanya memberikan izin pada kendaraan massal seperti bus yang boleh masuk ke Asrama Haji saat penjemputan.

“Bagi jamaah non KBIH, penjemputan bisa dilakukan masing-masing, mobil penjemput di tempat parkir yang di luar, koper jamaah bisa dibawakan oleh jasa angkut. Untuk yang dijemput secara massal, kita himbau untuk menggunakan kendaraan massal seperti bus, itu bisa langsung bisa masuk asrama,” kata Jamal.

Jamal mengatakan, terdapat 3 kloter yang akan tiba di tanah air pada hari pertama kedatangan jamaah haji Debarkasi Surabaya Selasa besok, yakni kloter 1, 2 dan 3. Kloter 1 akan mendarat di bandara juanda pukul 01.00 WIB, kloter 2 mendarat pukul 04.30 dan kloter 3 mendarat pukul 04.10 WIB.

“Alhamdulillah, kami sudah siap seratus persen menerima kedatangan perdana jamaah haji Debarkasi Surabaya,” simpulnya. (rur)