Dibalik Pedasnya Cabai, Tersimpan Lima Khasiat Hebat Ini

184 views

Siapa tak kenal cabai? Tergolong dalam genus Capsicum, bumbu satu ini memang populer di negara kita. Rasanya yang pedas justru membuat banyak orang ketagihan sewaktu dicampur dalam berbagai masakan. Tidak heran apabila cabai selalu tersimpan di dapur Anda. Namun tidak hanya itu saja keunggulannya.

Dibalik rasanya yang pedas cabai ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Mau tahu kenapa? Berikut ini alasannya :

  1. Bermanfaat bagi sistem imun serta kesehatan mata dan kulit

Kandungan vitamin A pada cabai akan meningkatkan sistem imunitas sehingga tubuh terlindungi dari mikroorganisme parasit seperti bakteri patogen dan virus. Yang tak kalah pentingnya, vitamin A berfungsi juga untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan tulang. Kekurangan vitamin tersebut menyebabkan mata tak mampu menyesuaikan perubahan cahaya yang masuk ke dalam retina. Begitu pun terhadap kulit, tercukupinya vitamin A pada kulit akan membantu kulit tetap awet muda dan bercahaya.

  1. Menjaga struktur kolagen dan membantu penyerapan zat besi

Vitamin C pada cabai berfungsi membantu menjaga struktur kolagen, sejenis protein yang yang menyusun tubuh manusia. Keberadaan protein ini berguna untuk menjaga kekencangan dan kelenturan kulit, menyembuhkan luka, sekaligus membentuk struktur, fleksibilitas, serta kekuatan tulang.

Selain itu vitamin C juga mengoptimalkan proses penyerapan zat besi. Keberadaannya akan membuat lambung menjadi asam sehingga perubahan zat

besi dari ferri ke ferro berlangsung dengan sangat baik. Zat besi sendiri merupakan komponen penting hemoglobin, pengangkut oksigen dalam darah kita.

  1. Mengendalikan suasana hati

Vitamin B6 (piridoksin) dalam cabai bermanfaat menjaga suasana hati Anda. Vitamin ini akan menghasilkan serotonin, neurotransmiter yang menjaga Anda tetap tenang dan bersemangat.

  1. Menjaga kesehatan tulang dan jantung

Vitamin K yang terdapat dalam cabai berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang. Di mana vitamin K berfungsi sebagai perekat biologis yang menyambungkan kalsium serta mineral penting lain dalam matriks tulang kita. Dalam arteri, vitamin K mencegah terjadinya kalsifikasi yang bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung. Caranya dengan membawa kalsium keluar dari arteri sehingga tidak menumpuk dan menjadi plak di sana.

  1. Melindungi struktur sel dan menjaga kulit tetap sehat

Cabai mengandung vitamin E. Vitamin tersebut merupakan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi struktur sel, terutama membrannya, dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu vitamin E juga berperan menjaga elastisitas, kelembaban kulit, mencegah penuaan dini, hingga melindungi kulit dari efek paparan sinar UV. [Ay]

 

Sumber gambar : https://pixabay.com