Sedang PMS? Lima Makanan Berikut Ini Harus Anda Hindari

843 views

Mengalami PMS (Premenstrual Syndrome) atau sindrom prahaid memang tak menyenangkan. Badan rasanya tak nyaman, pegal-pegal, perut kram, jerawat bermunculan, dan mood yang berantakan adalah hal yang umumnya dirasakan perempuan ketika haid hendak datang. Untuk mengatasinya hindari lima makanan berikut ini :

  1. Makanan dengan kadar garam tinggi

Jika Anda suka mengudap keripik kentang atau makanan olahan yang biasanya mengandung garam, maka batasilah konsumsinya sewaktu PMS datang. Sebab makanan semacam itu akan menyebabkan kembung di perut Anda.

  1. Kopi

Mengawali hari dengan secangkir kopi mungkin sudah jadi kebiasaan Anda sehari-hari. Tanpanya rasanya ada yang kurang. Bak sayur kurang garam. Akan tetapi, kafein yang terdapat pada kopi justru memperparah terjadinya kram di perut Anda. Selain itu kopi juga meningkatkan kecemasan tekanan darah, insomnia, dan memperburuk mood Anda. Oleh sewaktu sindrom prahaid tiba, gantilah dengan minuman lainnya. Semisal air putih atau jus buah-buahan.

  1. Daging merah

Ada baiknya saat PMS tiba, kurangi konsumsi daging karena memiliki kadar lemak tak jenuh tinggi. Didalamnya terkandung asam arakidonat, penghasil prostaglandin sebagai penyebab kram dan kontraksi pada uterus.

  1. Produk susu dan turunannya

Produk susu dan turunannya seperti keju dan es krim mengandung asam arakidonat. Mengkonsumsinya di masa-masa PMS justru memperburuk kembung dan kram di perut Anda.

  1. Makanan yang mengandung gula

Memang mengasyikkan menikmati sepotong kue, cupcake, atau gula-gula. Namun semasa PMS jenis-jenis makanan tersebut baiknya dihindari. Mengkonsumsinya menyebabkan peradangan dan memperparah kram.

Satu hal lagi yang tak boleh ketinggalan. Perbanyaklah sayuran dan atur pola makan Anda. Jangan makan sekaligus banyak. Ambillah secukupnya saja, untuk mengatasi kembung kala PMS melanda. [Ay]

 

Sumber gambar : https://unsplash.com