UINSA Gandeng PTKI dan PTKIN Bentuk Konsorsium Halal

99 views

SURABAYA – Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya bersama dengan berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), membentuk Konsorsium Halal. Konsosrsium ini beranggotakan para pemerhati, peneliti, penggiat, pelaku atau unit bisnis halal, Pusat Kajian Halal atau Halal Center, serta Lembaga Pemeriksa Halal.

“Kami ingin membawa Konsorsium Halal ini menjadi bermanfaat melalui Program Kerja dan Kegiatan yang Visioner. Khususnya kerjasama  antar Halal Center/Pusat Kajian halal di kampus lingkungan Kemenag,” tutur Dr. Baiq Hana Susanti dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, di Surabaya, Selasa (4/9/2018).

Dr. Baiq terpilih sebagai Ketua Konsorsium Halal.

Pembentukan Konsorsium Halal dilaksanakan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai rangkaian kegiatan, Seminar Sertifikasi Halal UIN Maliki. Kesekretariatan Konsorsium Halal pun juga dipilih di Halal Center UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai lokasi pembentukan.

Keterwakilan UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dalam kepengurusan Konsorsium pada posisi Sekretaris oleh Kepala Laboratorium Fak. Saintek Eva Agustina, M.Si. dan Koordinator Bidang Edukasi dan Sosialisasi Yuanita Rachmawati, M.Sc.

Adapun yang menjadi perhatian besar dalam agenda Konsorsium Halal PTKI/PTKIN antara lain: mendorong terbentuknya Halal Center, Pusat Kajian halal, dan Lembaga Pemeriksa Halal di lingkungan PTKI dan PTKIN yang masih belum berdiri; Mengawal status Sertifikasi Auditor Halal PTKI/PTKIN; Koordinasi BPJPH dalam pelaksanaan program Advokasi, Edukasi, dan Sosialisasi Halal; serta melakukan Pengembangan kerjasama bertaraf Nasional maupun Internasional. (rur)