Daop Surabaya Bagikan 50.000 Cup Kopi Gratis

143 views

SURABAYA – PT KAI Daerah Operasi 8 Surabaya sudah menyiapkan  50 ribu cup kopi Nusantara gratis di beberapa stasiun selama dua hari, yakni tanggal 10-11 September 2018 sebagai bagian dari gelaran festival “Ngopi Bareng KAI”.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko pada hari Senin (10/09/18) mengatakan kegiatan Ngopi Bareng KAI kali ini merupakan yang kali kedua setelah sebelumnya digelar awal 2018. Selain dalam rangkaian memperingati HUT ke-73 KAI, acara ngopi bareng ini di gelar dengan tagline ‘Ngopi Bareng KAI #2 – Enjoy Your Journey With Indonesian Coffee’  bekerjasama dengan komunitas kopi nusantara untuk memperkenalkan kopi lokal Indonesia.

Gatut mengatakan, stasiun yang menggelar acara Ngopi Bareng KAI yakni di Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 3.750 cup, Stasiun Surabaya Pasar Turi 3.750 cup dan Stasiun Malang 2.500 cup, serta di dalam 16 KA dengan total seluruhnya 50.000 cup.

Sedangkan nama-nama KA yang menggelar acara serupa antara lain KA Malioboro Ekspres, Jayabaya, Gajayana, Bima, KA Sancaka, Turangga, Gaya Baru Malam Selatan, Bangunkarta, serta KA Argo Bromo Anggrek.

Ia mengatakan, KAI melibatkan 72 petani kopi dengan luas ladang 8.492 hektare yang tersebar di tujuh provinsi di Jawa-Sumatera, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Lampung.

“Tak hanya melibatkan petani, untuk pemrosesan selanjutnya – roastery. KAI melibatkan 40 roastry dari tujuh provinsi tersebut untuk menciptakan karakter rasa pada kopi yang diseduh.” katanya.

Sedangkan stasiun lain yang menggelar acara yang sama di luar Daop 8 Surabaya, antara lain Stasiun Gambir, Pasarsenen, Bandung, Cirebon, Tegal, Purwokerto, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Solo Balapan, Yogyakarta, Madiun, dan Jember.

“Banyaknya jumlah kopi yang KAI sajikan untuk masyarakat mendapatkan apresiasi dari Museum Rekor Indonesia dengan predikat sebagai ‘Pemrakarsa dan Penyelenggaraan Pembagian Kopi Terbanyak di Kereta Api dan Stasiun’.” pungkas Gatut. (aci)