Permintaan Kudapan Lokal Naik Dua Kali Lipat, Shopee Luncurkan Kampanye ‘Cita Rasa Indonesia

221 views

JAKARTA – Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai keanekaragaman kuliner. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing – masing yang unik dan menonjol. Melihat potensi kuliner Indonesia dan antusias masyarakat terhadap industri kuliner lokal, Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, meluncurkan kampanye “Cita Rasa Indonesia” di platform Kreasi Nusantara pada tanggal 18 – 25 September 2018.

Kampanye Kreasi Nusantara ‘Cita Rasa Indonesia’ menampilkan makanan – makanan lokal khas terfavorit dari empat kota terpilih di Indonesia. Kerjasama ini sejalan dengan visi dan misi Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk terus meningkatkan dan melestarikan potensi industri kuliner lokal di Indonesia.

Rezki Yanuar, Country Brand Manager of Shopee mengatakan, “Kami menyadari kuliner lokal Indonesia berkembang pesat beberapa tahun ini, termasuk di Shopee. Di Kreasi Nusantara, penjualan kategori  ‘Kudapan Indonesia’ meningkat hingga dua kali lipat dalam sebulan terakhir. Oleh karena itu, untuk merayakan antusias para penikmat kuliner lokal Indonesia, kami mengkurasikan ragam kuliner berdasarkan daerah, sebagai ajang unjuk gigi keanekaragaman makanan khas yang dapat ditemukan di seluruh pelosok negeri. Dengan kerjasama ini, kami berharap dapat memberikan eksposur yang lebih luas tidak hanya untuk para pelaku UMKM yang bergerak di bidang kuliner secara online, tetapi juga untuk keanekaragaman kuliner Indonesia”.

Inisiatif ini turut disambut baik oleh Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, “Indonesia punya potensi besar menjadi tujuan wisata kuliner terkaya di dunia. Kuliner masih menempati urutan nomor satu sebagai pemberi kontribusi sektor ekonomi kreatif di Indonesia. Kami sangat mengapresiasi inisiatif Shopee dalam mengkurasikan  kampanye Kreasi Nusantara ‘Cita Rasa Indonesia’. Antara lain dengan turut membantu mengembangkan industri pariwisata. Kuliner sembari mengembangkan UKM lokal. Kampanye ini juga sejalan dengan fokus 10 destinasi wisata kuliner utama Kementerian Pariwisata, yaitu Bali, Bandung, dan Yogyakarta. Kami berharap kolaborasi ini dapat bersama – sama memperkenalkan kuliner nasional agar semakin go international.”

Berikut empat kota pilihan dengan makanan khas favorit berkualitas yang bisa kamu dapatkan di Shopee:

Padang

Kuliner Padang identik dengan daging dan rempah-rempah yang bercampur menjadi satu kesatuan makanan khas yang nikmat dan unik. Salah satu hidangan paling terkenal adalah Rendang. Selain itu, padang juga memiliki makanan ringan yang sangat digemari yaitu dendeng dan keripik balado. Makanan ringan ini menu yang wajib dicoba untuk para wisatawan .

Bandung

Kota Bandung adalah salah satu kota favorit untuk para penggemar kuliner karena makanan khas lokal yang beragam. Salah satu makanan khas lokal yang menjadi favorit dan trending karena modifikasi adalah Seblak dan Cuanki Instan. Selain itu, bagi para penikmat makanan manis, makanan khas lokal yang terkenal adalah pisang molen Kartika Sari

Yogyakarta

Banyak orang mengunjungi Yogyakarta untuk kulinernya karena beberapa hidangan otentik seperti Gudeg berasal dari kota ini. Selain Gudeg, bakpia dan bakpia kukus adalah makanan ringan yang sering dicari oleh pengunjung.

Bali

Pia legong, kacang disco & pie susu menjadi menu wajib untuk dibawa pulang menjadi oleh-oleh dari Bali. Ketiga makanan ini adalah wisata khas kuliner Bali. Selain terkenal karena rasanya yang lezat, rasa yang autentik akan memberi anda penglaman kuliner lokal terbaik di Indonesia. (rur)