JERAWATAN KARENA OLAHRAGA? INI CARA MENCEGAH DAN MENGATASINYA

165 views

Berolahraga memang baik bagi kesehatan. Selain mengontrol berat, juga bisa menaikkan mood, meningkatkan daya pikir, serta membuat tubuh lebih tegap. Akan tetapi, munculnya jerawat sehabis olahraga acap merisaukan juga. Lalu bagaimana cara mencegah dan mengatasinya? Simak tip-tip berikut ini :

  1. Bersihkan muka sebelum olahraga

Sebelum mulai berolahraga, bersihkan muka dari make up. Penggunaan make up sewaktu berolahraga justru akan menutup pori-pori kulit sekaligus menghalangi kemampuannya untuk bernapas secara alami.

  1. Gunakan pakaian yang nyaman

Pastikan pakaian yang anda kenakan nyaman dan tidak ketat. Sebab pakaian yang terlampau ketat akan membuat iritasi kulit. Pilih pula yang berbahan katun, karena memiliki daya serap keringat yang tinggi.

  1. Keramas sesering mungkin

Setelah berolahraga, bersihkan segera rambut Anda. Rambut yang kotor akan memicu timbulnya jerawat apabila mengenai wajah Anda.

  1. Mandilah sesegera mungkin setelah berolahraga

Hal ini dimaksudkan agar tubuh bersih dari kelebihan sebum dan keringat. Bila Anda menunda-nunda, keduanya akan menutup pori-pori dan menimbulkan jerawat.

  1. Pakailah sabun yang mengandung sulfur, resorcinol atau asam salisilat.

Pemakaian sabun berbahan aktif ketiganya akan membantu mencegah penyumbatan pori-pori kulit dan munculnya jerawat.

  1. Bila jerawat terlanjur muncul gunakan larutan cuka.

Perlu Anda ketahui, kandungan asetat dalam cuka berfungsi membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat. Caranya cukup dengan mencampur 1 sendok makan cuka dengan 1 liter air hangat. Lalu celupkan spon dan usapkan pada bagian yang berjerawat. Setelah itu baru dibilas dengan air.

  1. Pakailah krim yang mengandung benzoyl peroxide

Di malam hari, pakailah krim yang mengandung bahan tersebut. Selain bersifat mampu membunuh bakteri, benzoyl peroxide efektif untuk melawan jerawat. Akan tetapi, butuh waktu agar jerawat redam. Kurang lebih selama 4-6 minggu. [Ay]

 

Sumber gambar : https://www.pexels.com