5 Bumbu Dapur Berkhasiat Obat

323 views

Acap kita menggunakan beragam bumbu dapur sebagai penyedap masakan. Akan tetapi, tidak mengetahui jika bumbu-bumbu tersebut memiliki khasiat obat. Berikut adalah 5 diantaraneledri

Bernama latin Apium graveolens L., seledri dikenal memiliki banyak manfaat. Senyawa flavonoid pada daunnya bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, mencegah kanker, dan melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Vitamin A-nya menjaga penglihatan sekaligus kulit dan mukosa. Kandungan potasium dalam seledri baik untuk menjaga tekanan darah dan detak jantung kita.

  1. Bawang Putih

Tanaman dari genus Allium ini sudah lama digunakan sebagai bumbu masak di berbagai negara. Mulai dari Asia, Afrika, hingga Eropa. Kaya akan fitonutrien, mineral, vitamin, dan antioksidan membuat baang putih bermanfaat bati kesehatan. Allicin yang terkandung di dalamnya bisa mengurangi resiko penyumbatan arteri koroner, mencegah stroke, kaner perut, dan menurunkan kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu saja, bumbu yang berbau tajam ini juga memiliki sifat sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia), tergolong dalam famili Rutaceae. Kandungan citric acid pada buahnya kerap digunakan sebagai penambah rasa asam pada makanan dan minuman ringan. Selain berfungsi sebagai pengawet alami, citric acid juga bisa membantu melancarkan pencernaan dan meluruhkan batu ginjal.

  1. Kayu manis

Tergolong ke dalam rempah-rempat kayu manis yang dikenal dengan nama  latin Cinnamomum verum merupakan suplemen tradisional untuk beragam penyakit berkat sifat antioksidan, anti-diabetic, antiseptik, hingga anti inflamasi. Kandungan eugenolnya kerap dimanfaatkan sebagai obat bius local serta antiseptik untuk gigi dan gusi. Sementara cynamaldehid-nya memiliki berfungsi menghalangi penyumbatan kolesterol yang menggumpal di pembuluh darah.

  1. Serai

Serai atau lemongrass memiliki aroma harum yang khas. Berasal dari Asia Selatan, tumbuhan dari genus Cymbopogon ini mengangung asam folat yang penting untuk sintesis DNA. Tidak hanya itu saja serai juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit kepala, kerongkongan, bronchitis, hingga radang usus besar. [Ay]

 

Sumber gambar : https://unsplash.com