Target Terlampaui Berkat Pendaftaran“On The Spot “

317 views

SURABAYA – Salah satu Upaya yang dilakukan untuk mencapai target peserta adalah Pendaftaran On the Spot, MEDSPIN (International Medical Science and Application Competition) yang diadakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) secara serentak offline di 28 wilayah, online di 34 provinsi Indonesia dan beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam pada 4 November 2018 mencapai target. Medspin tahun ini diikuti 5000 tim (15.000 peserta).

Dari 5000 akan dipilih 150 tim yang lolos menuju quarter final pada 17 November 2018 mendatang. Ada 2 sistem penentu lolos ke quarter final. Pertama, sistem kuota dengan pembagian, total 54 tim diambil dari 2 tim dengan nilai tertinggi di masing-masing wilayah penyisihan offline. Sistem kedua yakni passing grade, dari 28 tim diambil nilai tertinggi dalam penyisihan online yang tidak masuk dalam sistem kuota. Dan dari 30 tim dengan nilai tertinggi akan diambil yang terbaik dalam penyisihan offline yang tidak masuk dalam sistem kuota.

Ketua Divisi Soal MEDSPIN, Ihsan Fahmi menjelaskan, pada babak penyisihan, soal disusun terstandar dengan level kesulitan yang disetarakan. Misalnya, level easy setara OSN tingkat kabupaten, medium setara OSN tingkat provinsi / OSP, dan hard setara OSN atau IBO/IChO/IphO. Setiap tim bekerjasama mengerjakan 100 soal dalam waktu 100 menit. Soal tersebut terdiri dari soal biologi, kimia, fisika, dan medis.

“Selain berkompetisi, kami juga mengajak peserta untuk berkenalan dengan dunia kedokteran. Di setiap wilayah penyisihan MEDSPIN 2018 diadakan pelatihan tentang Basic Life Support dan pelatihan keterampilan medik dasar berupa reflek dan pengukuran tensi. Para peserta sangat antusias saat mendapatkan pelatihan dan banyak yang ingin mencoba langsung untuk melakukan tensi maupun tes reflek,“ katanya.

Sedangkan untuk wilayah pusat yang diadakan di Fakultas Kedokteran Unair, diadakan juga berbagai acara tambahan seperti Welcome To FK (WTF) dimana para peserta dapat berkeliling dan mengenal lingkungan di Fakultas. Sambil berkeliling para peserta mendapatkan pengenalan tentang prodi Pendidikan Dokter dan Pendidikan Bidan.

Selain Welcome To FK, mereka mengikuti Explore Anatomy, dimana para peserta diajak untuk masuk ke dalam ruang praktikum anatomi untuk melihat-lihat organ-organ serta tulang belulang yang biasanya digunakan para
mahasiswa untuk belajar anatomi.

“Seru sihh…. Kita jadi lebih tahu organ-organ yang ada di dalam tubuh kita. Dari acara yang lain, kami memang paling berminat ikut Explore Anatomy,”kata Monica, siswi SMAN 14 Surabaya yang ikuti MEDSPIN 2018 bersama timnya, Siska dan Thalita.

Kegiatan dilanjutkan dengan Med on Screen dimana para peserta diajak menonton film ala bioskop dalam bangunan tahun 1913, yaitu Ruang Kuliah Propadeus. Para peserta tampak menikmati film Incredibles 2 yang menjadi penutup acara hari pertama MEDSPIN 2018. (indra)