Kredit Used Car Tumbuh 15 Persen

171 views

SURABAYA – Pada setiap tahunnya terjadi pertumbuhan kredit untuk used car sebesar 10 sampai 15 persen. Pertumbuhan tersebut diperkirakan akan terus terjadi hingga tahun-tahun mendatang. Hal ini dikatakan Brand Manager Used Car Surabaya PT BCA Finance, Agripa Fernando Tarigan. Menurutnya banyak faktor terjadi kenaikan salah satunya karena situasi ekonomi negara.

“Selain itu, musim sekolah juga mempengaruhi penjualan sehingga berpengaruh pula terhadap jumlah user kredit. Namun tidak menutup kemungkinan jika kita melakukan program-progam maka bisa meningkatkan jumlah pengkredit. Jika tepat sasaran, bisa meningkatkan hingga 70 persen. Sementara saat-saat tertentu hanya 10-20 persen,“ katanya.

BCA Finance mencoba untuk memberikan kemudahan pada konsumen, untuk program-program yang dilakukan sedkit banyak menggugah konsumen dari awalnya yang tidak berminat melakukan pembelian kredit use car menjadi minat. Namun semuanya tetap melihat suasana ekonomi atau kondisi negara.

Menurutnya, memang program-progam yang dilakukan menjadi salah satu upaya meningkatkan jumlah kredit used car. Namun tetap harus melihat situasi dan kondisi ekonomi negara tentunya sehingga dapat berjalan. Beberapa upaya yang dilakukan untuk mendukung jumlah user adalah memberikan bunga ringan, bunga yang ditawarkan dibawah 8 persen dengan DP minimal 30 persen. Juga angsuran hingga 6 tahun, untuk tenor hingga 6 tahun ini dikhususkan untuk para karyawan.

Serta sistem pelunasan tidak ribet. BCA Finance tidak membebankan pada konsumen. Konsumen hanya membayar sisa pokok hutang dan pinalty 5 persen saja sudah dapat melakukan pelunasan dan selesai saat itu juga di cabang masing-masing.

“Pembiayaan kredit yang kami lakukan bukan semata-mata meningkatkan user saja namun juga lebih mendidik. Bagaimana konsumen melakukan kredit dengan baik dan merencanakan secara matang,“ jelasnya.

“Selain adanya kemudahan dan pemberian program-program, upaya yang kami lakukan adalah dengan menjadi jembatan antara penjual dan pembeli. Pihaknya memberikan fasilitas bursa mobil di 3 tempat di Surabaya dengan harapan ingin mempermudah calon konsumen dalam melakukan transaksi jual-beli,“ tutupnya. (indra)