ACS Group Paparkan End to End Solution Untuk Sistem Otomatisasi Industri 4.0

172 views

SURABAYA – ACS Group yang berdiri sejak 1991 bergerak di bidang IT (Information Technology) kembali memaparkan End To End Solution for Industrial Automation System di Hotel Swiss Belinn Surabaya. Pada kesempatan kali ini ACS berbagi informasi mengenai sinergi kerjasama antara teknologi operasi dan teknologi informasi di area industri manufacturing dengan objektif guna meningkatkan sistem otomatisasi industri di perusahaan.

Dalam menyongsong revolusi industri 4.0 setiap perusahaan menginginkan untuk secepatnya mengimplementasikan industri 4.0 untuk bisa menang dalam persaingan bisnis. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam revolusi industri 4.0 informasi atau data saling terkoneksi melalui IP base device (IoT device).

Misi paling mendasar dari perusahaan manapun pada industri manufacturing adalah bagaimana operasional perusahaan berjalan efisien, mengoptimalkan hasil suatu pekerjaan dan bagaimana aset atau mesin produksi selalu dapat bekerja pada puncaknya. Transformasi digital tidak bisa dihindari, tetapi tidak cukup sampai disitu saja, sekarang bagaimana data yang tersebar pada proses produksi bisa disatukan menjadi kesatuan sehingga proses produksi dapat dimonitor dari segala sudut pandang operasi sehingga akhirnya memudahkan dalam mengambil suatu keputusan yang strategis.

Branch Manager ACS Group Surabaya, Boedijanto menjelaskan, ACS Group dalam kesempatan ini memberi informasi mengenai End to End Solution untuk sistem otomatisasi industri dengan mempergunakan produk principal mereka yakni ABB.

“Untuk sistem otomatisasi industrinya maupun solusi backend nya. Salah satu solusi backend yang dimiliki ABB adalah Ellipse CALM (Connected Assets Lifecycle Management),” katanya.

Infrastruktur MES (Manufacturing Execution System) dan Ellipse CALM membutuhkan pula adanya perangkat-perangkat pendukung lainnya. Untuk field force yang melakukan pekerjaan corrective/preventive maintenance maupun pekerjaan inspeksi bisa menggunakan perangkat enterprise mobile computing dari Zebra. Untuk perangkat server dan storage, ACS bekerjasama dengan Nutanix untuk pengadaan HCI Server. Sementara itu perangkat-perangkat di dalam MES perlu saling terhubung melalui perangkat wired/wireless network system. ACS bekerjasama dengan HPE Aruba untuk pengadaan perangkat tersebut.

ABB merupakan pelopor dibidang teknologi khususnya untuk produk elektrifikasi, robotik, otomasi industri dan jaringan listrik, juga berperan melayani berbagai mitra bisnis di sektor utilisasi, ragam industri, transportasi dan infrastruktur secara global. ABB beroperasi di lebih dari 100 negara dengan karyawan sekitar 147 ribu. Di Indonesia, ABB telah hadir selama lebih dari 30 tahun. Zebra mempunyai front line bisnis di retail, e commerce, manufacturing, transportation and logistic, healthcare dan industri lainnya. Zebra memberikan end to end industry solution yang menghubungkan person. Asset dan data untuk membantu customer dalam membuat keputusan penting.

Sedangkan Nutanix merupakan perusahaan cloud computing. Membawa enterprise cloud platform yang simple untuk membangun suatu data center sehingga IT bisa lebih fokus dalam memberikan masukan pada core bisnis dari suatu perusahaan atau lembaga pendidikan.
Aruba HPE adalah sebuah vendor solusi jaringan komputer untuk perusahaan dan bisnis secara global. (indra)