Pertamina Ajak Milenial Institut Pertanian Bogor Tangkis Hoax

BOGOR – Pertamina kembali menginisiasi sharing session bagaimana menangkis hoax. Kali ini, acara diadakan untuk milenial Institut Pertanian Bogor (IPB), pada Kamis (4/3/2019). Bekerja sama dengan viva.co.id dan didukung oleh Divisi Humas Polri, kegiatan yang dikemas dalam bentuk talkshow bertajuk Millenials Tangkis Hoax Bersama Pertamina tersebut diikuti oleh sekitar 350 mahasiswa IPB dari berbagai jurusan.

Media Communication Pertamina Arya Dwi Paramita menjelaskan, acara  diadakan sebagai sarana untuk mengedukasi  mahasiswa agar mereka dapat menyaring informasi diterima. Menurutnya, milenial kampus harus waspada dengan melakukan cek dan ricek melalui portal berita mainstream dan di mesin pencari, seperti google.

“Ada beberapa informasi tentang Pertamina yang rawan terpapar hoax untuk generasi milenial. Misalnya, informasi rekrutmen, harga BBM atau kualitas produk. Ini yang perlu dilakukan cek dan ricek ketika pertama kali menerima informasi tentang hal tersebut,” ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh pemimpin redaksi viva.co.id. “Cara yang paling mudah untuk memastikan informasi yang diterima itu hoax atau bukan, bisa langsung  dicek ke cekfakta.com,” ujarnya memberikan tips kepada peserta talkshow.

Sedangkan Kabag Diseminasi Biro Multimedia Div. Humas Polri Kombes Pol Heru Yulianto menekankan pentingnya keterlibatan seluruh masyarakat termasuk generasi milenial untuk menangkis hoax. “Semua ada aturannya terkait hoax. Jangan sampai sembarangan menyebarkan informasi yang tidak valid kebenarannya di social media karena dapat terjerat pasal  UU ITE,” jelasnya.

Dekan Sekolah Vokasi IPB Dr. Ir. Arief Darjanto, M. Ec  sangat mengapresiasi diadakannya acara ini. Menurutnya, upaya yang dilakukan Pertamina dalam memberikan edukasi kepada mahasiswa IPB merupakan salah satu cara terbaik  menangkis hoax. “Kami menilai, edukasi semacam ini  lebih efektif untuk mematangkan emosional generasi milenial agar ketika menerima informasi, thinking before posting dan saring before sharing,” tukasnya.

Para peserta talkshow pun sangat antusias mengikuti talkshow yang diadakan di Gedung PSP3 IPB Baranangsiang, Bogor. Seperti yang diutarakan Sherin Ginta Lestari dari program studi Komunikasi IPB. “Saya suka ikut acara ini. Sangat bermanfaat dan menambah wawasan. Apalagi pengisi acaranya bagus-bagus. Semoga talkshow seperti sering diadakan di lingkungan yang banyak milenialnya seperti sekarang,” ujarnya.

Hal tersebut juga disepakati oleh Aldira Putri. “Acaranya seru banget, narasumbernya juga keren-keren. Kita, milenial kampus jadi tahu cara memilah informasi mana yang hoax dan yang benar,” pungkasnya. (IST)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Harian Surabaya @2018, All right reserved