Peringati Hari Ibu 2019, Terminal Peti Kemas Gelar Workshop dan Ajarkan Self Defense pada Perempuan

HARIAN SURABAYA | SURABAYA – Dalam rangka memperingati Hari Ibu 2019 yang diperingati setiap tanggal 22 Desember 2019, Terminal Petikemas Surabaya (TPS) melaksanakan workshop Women Self Defense dengan tema My Mom My Hero, pada Jumat (20/12). Melalui workshop kali ini, TPS ingin sharing cara melindungi diri bagi para perempuan.

Dengan mendatangkan narasumber dari WSDK (Women Self Defense of KOPO RYU), undangan yang terdiri atas para pegawai Pelindo III Group, para istri pegawai Pelindo III (Perispindo) baik Perispindo3 maupun Perispindo TPS, Pengguna Jasa TPS, Komunitas Perempuan Logistik dan Kepelabuhanan, instansi Perbankan, beroleh tambahan insight tentang  membaca situasi berbahaya, membaca dan waspada terhadap gerak-gerik orang yang bermaksud berbuat jahat, sekaligus contoh serta praktek gerakan-gerakan sederhana untuk melakukan perlawanan.

Konsep beladiri 4P juga dibagikan, yaitu Pray, Predict, Prevent dan Protect. Langkah langkah ini sangat berguna bagi perempuan dalam mengenali zona aman, keamanan lingkungan sekitar, memperkirakan langkah yang akan diambil bila terjadi keadaan yang tidak kondusif dan melakukan eksekusi membela diri bila diperlukan.

President Director TPS, Dothy, menyampaikan bahwa ini kali pertama TPS menyelenggarakan acara khusus perempuan dengan mengusung tema ketangguhan, sebelumnya pada peringatan Hari Batik 2019, TPS menyelenggarakan acara yang memberikan wawasan tentang keanekaragaman budaya berkain di Indonesia, setelah sebelumnya juga menyelenggarakan acara peringatan International Womens Day dengan berbagi pengalaman serta tips melaksanakan peran sebagai perempuan dengan keunikan dari berbagai negara, karena saat itu juga mengundang rekan-rekan perempuan berkewarganegaraan asing.

“Selain sebagai bekal proteksi diri bagi para wanita pada khususnya, acara ini juga bertujuan untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi yang hangat antar praktisi logistik dan kepelabuhanan”, ungkap Dothy.

Undangan yang hadir dalam acara peringatan hari ibu tersebut, tampak berbeda penampilannya dengan balutan konsep tematik Hero Mom, dimana ada yang menggunakan pahlawan nasional seperti Cut Nyak Dien, Kartini, ada juga yang superhero wonder woman, super woman, pahlawan olahraga, bahkan ada yang mengenakan baju kantor dengan celemek dapurnya dan aksesoris perlengkapan dapur yang mereka bawa. Menarik dan seru, karena dipilihlah juga best costume yang paling menarik dan unik.

Pada momen tersebut juga dilakukan pemberian bantuan buku perpustakaan untuk SD Trisula, sebagai bentuk kepedulian dan dukungan TPS dalam bidang pendidikan.

“Selain latihan bela diri yang seru dan tentunya sangat bermanfaat sekali bagi saya, acara juga semakin seru dangan adanya doorprize dan penilaian panitia untuk best costume pada acara hari ini. Terima kasih TPS yang selalu mengundang kami di acara-acara uniknya”, ungkap salah satu customer TPS yang hadir dalam acara tersebut. (ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + 18 =

Harian Surabaya @2018, All right reserved