Platform Digital GDM AGRI Diluncurkan Untuk Mempertemukan Langsung Petani dan Pembeli

HARIAN SURABAYA | SURABAYA – PT. Graha Alam Sempurna merupakan perusahan yang bergerak di bidang pupuk organik berskala internasional. Pada acara kali ini, PT Graha Alam Sempurna membuka grand launching E-commerce AgriBisnis GDM AGRI. Dengan tema, “Digitalisasi Pertanian menuju Era Digital”. Acara tersebut dilaksanakan di BG Junction, Surabaya.

Rencana awal Walikota Surabaya Tri Rismaharini akan menjadi pembicara, bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemprov Jatim, Hadi Sulistyo yang sekaligus meresmikan pengoperasian platform digital GDM AGRI, dan backlink www.gdmagri.com pada masyarakat. Tapi dikarenakan Tri Rismaharini mendadak ada panggilan kedinasan dari pusat, peresmian GDM AGRI dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemprov Jatim.

Dalam era platform digital GDM AGRI memfasilitasi pelaku-pelaku agribisnis dalam memasarkan hasil panennya melalui jalur praktis. Yaitu langsung bertemu dengan calon pembeli petani, peternak  atau petambak bisa bersepakat harga terbaik dengan calon pembeli tanpa perantara pihak manapun.

Penjual atau pembeli yang ingin memanfaatkan platform digital ini tanpa biaya administrasi dan tanpa komisi transaksi. Sehingga, dengan adanya platform digital. Diharapkan tunas-tunas petani muda bermunculan sehingga dampaknya akan terasa di kemajuan pertanian Indonesia.

CEO PT. Graha Alam Sempurna, Paulus Susanto mengatakan, kondisi pertanian di Indonesia ini semakin memprihatinkan termasuk kesejahteraan para petani.

“Sehingga dari sana, kami tergerak untuk bagaimana dari tangan-tangan kaum muda dan milenial ini kita bisa melakukan sesuatu untuk membuat para petani menjadi lebih sehat terhadap perubahan jadi mulai hari ini kita akan mulai optimasi untuk kedepannya,” ucap Paulus.

Masyarakat dapat mendownload “GDM AGRI” di handphone type Android secara gratis, bagi pengguna IOS, aplikasi ini juga nantinya bisa didownload secara gratis pada versi terbaru yang akan diluncurkan bulan depan.

“Adapun fitur-fitur yang bisa dinikmati pada platform digital GDM AGRI. Antara lain, cari produk pembeli, yakni masyarakat yang ingin memperoleh hasil panen segar dari petani, bisa langsung menemukan komoditas dengan mengetik keyword di kolom pencarian, klasifikasi komoditas lengkap, mulai dari sector holtikultura, buah-buahan,sayuran, perkebunan, peternakan, hingga perikanan,” bebernya.

Setelah memilih, pembeli akan langsung tersambung dengan penjual yang menawarkan barang tersebut. GDM AGRI dibangun dengan mengedepankan esensi simplicity Petani-petani senior di pelosok daerah bisa menjadi penjual dengan mengisi form sederhana dan tidak terlalu rumit.

“Untuk menjadi penjual terverikasi, pengguna hanya disyaratkan menggunggah foto identitas diri dan mengisi beberapa pertanyaan data diri pada umumnya Tim GDM AGRI akan memproses 2×24 jam terhadap pengajuan akun verfikasi tersebut,”pungkas Paulus. (vie)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + eighteen =

Harian Surabaya @2018, All right reserved