Toyota Ramaikan Pasar Hatchback Dengan New Yaris

hariansurabaya.com | Toyota Ramaikan Pasar Hatchback Dengan New Yaris

Surabaya – Kendaraan Hatchback masih diminati oleh konsumen hingga saat ini. Terbukti beberapa produsen tetap mengeluarkan tipe terbarunya. Salah satunya adalah TAM (Toyota Astra Motor) pada hari ini (8/9/2020) memperkenalkan hatchback mereka yaitu New Yaris 2020.

Meski dalam kondisi pandemi atau adaptasi kebiasaan baru saat ini, pihak TAM tetap optimis dalam mengeluarkan unit baru. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Operation Manager Auto2000 Jawa Timur, Judianto mengatakan bahwa minor change memang sudah menjadi agenda dari tahun lalu sehingga tidak mungkin ditunda dan diharapkan pasar hatchback menjadi ramai dan menambah penjualan total unit keseluruhan Toyota.

“Strateginya antara lain menggarap pasar di segment anak muda, atau keluarga baru. Menyiapkan program program kepemilikan yang mudah. Serta komunitas-komunitas untuk hatchback juga kita agresifkan,” ujar Judianto.

New yaris 2020 masih menggunakan mesin berkode 2NR-FE 1.500 cc. Dikembangkan sebagai hatchback kompak yang memberikan sensasi lincah berkendara serta menyenangkan dan kini memiliki radius putar yang lebih pendek yaitu 5.1 meter.

Tampilan eksterior kini dengan desain baru, bagian depan terdapat New Electrifying Front Looks (tipe G). Sementara itu Attractive New Front Grille and Bumper, New Striking LED Headlamp Design, dan New LED Fog Lamp Design ada pada tipe TRD.

New Yaris juga dilengkapi dengan New Rear Parking Camera yang makin memudahkan pengendara ketika parkir. Fitur keselamatan, menawarkan tipe yang menggunakan dua pilihan, 3 airbags atau 7 airbags. Sehingga calon konsumen dapat memilih tipe yang sesuai dengan kebutuhannya.

Judianto menambahkan, pasar hatchback di Jawa Timur saat ini meski dalam kondisi pandemi cukup baik dan menjajikan untuk menambah secara keseluruhan total penjualan Toyota.

Meski ada penurunan di semester 1 2020 dibandingkan dengan tahun 2019 sebesar 38 persen atau sama dengan 343 menjadi 211. Untuk market share di kelas Hatchback Medium update per Jul 2020 masih berada di posisi 33,0 persen (peringkat dua setelah Honda Jazz) di Jatim.

Sementara itu Kepala Cabang Auto2000 Kertajaya, Faris Hengky Irawan mengatakan, penjualan Unit Yaris di Auto2000 pada Kuartal pertama sebelum Covid Sebesar 45 unit/bulan dan kuartal 2 saat pandemi Covid sebesar 37 unit/bulan.

“Sedangkan di 2 bulan terakhir ini kita mengalami penurunan penjualan Yaris karena keterbatasan/ketersediaan stock untuk model yaris sebelumnya sudah habis di nas (periode Run-out),” ujarnya.

Dengan adanya model baru tersebut, pihaknya menargetkan bisa menyentuh angka 60 unit/bulan atau sama dengan 30 persen lebih tinggi dari pada model sebelumnya. Hingga bulan Agustus 2020 kemarin, Auto2000 mencatatkan total 260 unit.

Rinciannya sebagai berikut, tipe G/AT sebanyak 11 unit. Tipe G/MT sebanyak 6 unit. Tipe S/AT – TRD, 194 unit. Dan tipe S/MT – TRD menyumbang 49 unit. Untuk harganya, New Yaris 2020 dijual kisaran Rp 254.500.000 hingga Rp 309.000.000 (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two − one =

Harian Surabaya @2018, All right reserved