Seno Bagaskoro, Anak Muda yang Siap Mengubah Dunia

hariansurabaya.com | Seno Bagaskoro, Anak Muda yang Siap Mengubah Dunia

Surabaya – Ada yang menarik di gelaran Pilkada Surabaya 2020 kali ini. Pasangan Eri Cahyadi – Armuji punya juru bicara seorang anak muda yang penuh semangat dan passionate akan kotanya. Siapa yang menyangka kalau anak muda itu baru lulus SMA tahun ini.

Dialah Aryo Seno Bagaskoro, atau biasa dipanggil dengan nama singkat Seno. Mahasiswa Ilmu Politik Unair Surabaya ini memang sangat piawai berkiprah di ranah publik. Karena sejak duduk di bangku SMP (tahun 2014) Seno sudah melahirkan inovasi “celana dalam anti pelecehan seksual”. Di tahun yang sama, ia juga dikirim ke KorSel sebagai delegasi pendidikan dalam Asian Youth Forum.

Dorongan untuk berorganisasi itu sudah tumbuh sejak di bangku SMP. Menginjak kelas 3 SMP, Seno menginisiasi demonstrasi, mempertanyakan mengapa Proses Penerimaan Peserta Didik Baru tingkat SMA harus diserahkan pada propinsi. Ada beberapa jaringan yang dilibatkan. Dari mulai Ketua OSIS, Ketua MPK, dan banyak jaringan organisasi siswa. Sehingga terkumpullah 33 ribu surat yang dikirimkan kepada Presiden Jokowi.

Seno meyakini bahwa pelajar punya peran penting dalam pembangunan kota. Sehingga ketika SMA, ia menjadi Ketua Aliansi Pelajar Surabaya. Salah satu misinya adalah mengawal program pembangunan di Surabaya yang dirasa tidak berpihak pada rakyat kecil.

Kemudian selepas SMA tahun 2020 ini, Seno sebenarnya sudah mempersiapan untuk kuliah ke Jerman. Tapi terhalang karena adanya covid-19. Sehingga harus di tunda dulu.

Adapun latar belakang sampai terpilih sebagai jubir pasangan no 1 Calon Walikota dan Wakil Surabaya, menurut Seno dia sudah intens berdiskusi dengan Eri Cahyadi, sejak beliau menjabat Kepala Bappeko Surabaya. Karena bagaimanapun juga, tokoh muda yang milenial sangat dibutuhkan untuk memberi saran serta masukan yang lebih segar menyesuaikan era terkini.

“Banyak hal yang kami diskusikan. Antara lain tentang keterlibatan anak muda dalam dunia politik. Yang jelas, pasangan Cawali no 1 ini ingin ada wajah anak muda di gerbong dan akan memberi kesempatan untuk para pemuda.” pungkas Seno. (nrl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − two =

Harian Surabaya @2018, All right reserved