Kona dan Ioniq Electric, Mobil Ramah Lingkungan

155 views
Kona dan Ioniq Electric, Mobil Ramah Lingkungan

hariansurabaya.com | Kona dan Ioniq Electric, Mobil Ramah Lingkungan

Surabaya – Di era digital saat ini, beberapa ATPM sudah membuat kendaraan elektrik. Salah satunya adalah Hyundai Motors Indonesia yang memperkenalkan Kona dan Ioniq elektrik. Kendaraan ramah lingkungan berbasis tenaga listrik saat ini sedang dikampanyekan dengan tujuan di masa depan nanti pengguna kendaraan BBM beralih ke kendaraan listrik. Hal tersebut sesuai dengan program Pemerintah yang mencanangkan kampanye ramah lingkungan.

Area Manager PT Sun Mega Motor Hyundai Surabaya, Welly Setiawan mengatakan, dua mobil elektrik yang dihadirkan memiliki segmen berbeda. Kona elektrik lebih ke SUV medium, sementara Ionic mewakili kenyamanan dan kemewahan sebuah sedan.

“Secara performa, Kona lebih baik tetapi untuk jarak tempuhnya Ioniq punya masa baterai lebih panjang,” katanya.

Welly menambahkan, mobil listrik dari Hyundai ini punya tiga metode pengisian baterai, pertama ada low charging menggunakan portable charging yang sudah satu paket dengan pembelian mobil. Durasi pengisian baterai dari 0-100% sekitar 17 jam 30 menit.

Kedua yaitu medium charging yang biasanya menempel di dinding (Wall Mount Charging), pengisian dari 0-100% butuh waktu sekitar 5 jam 40 menit. Dan terakhir adalah fast charging dibutuhkan waktu kurang dari 1 jam (sekitar 55 menit). Namun untuk fast charging sementara hanya tersedia di PLN.

Ia mengklaim sekali charging hingga penuh, Ioniq mampu menempuh jarak 311 km. Sementara Kona hanya sampai 296 km. “Kalau pakai charger portable, minimal tegangan listrik rumah sebesar 2200 kWh,” tambahnya.

Harga kedua mobil listrik tersebut, untuk Kona Electrik dijual Rp 695.800.000 sementara Ioniq Prime adalah Rp 644.300.000 dan Ioniq Signature seharga Rp 684.400.000 OTR Surabaya.

“Karena mobil ini masih built up, kebetulan di dealer kita tersedia test car, stok car dan display. Masing masing tipe baik Kona dan Ioniq ada 10 unit dari gabungan semua dealer di Surabaya. Jadi jika ada yang beli, kita sudah ready,” pungkas Welly. (id)