Amankan Aset TNI, Pangdam Ambil Langkah Persuasif

90 views
Aset TNI
Amankan Aset TNI, Pangdam Ambil Langkah Persuasif (foto : Pendam V)

hariansurabaya.com, Surabaya – Amankan Aset TNI, Pangdam Ambil Langkah Persuasif

Sidang terkait eks perkebunan Kali Gentong yang berada di Kabupaten Tulungagung – Jawa Timur, resmi dimenangkan oleh pihak TNI-AD. Namun demikian, pihak TNI-AD melalui Kodam V/Brawijaya tak ingin mengambil langkah cepat untuk segera melakukan eksekusi.

Pangdam V/Brawijaya – Mayjen TNI Suharyanto mengatakan terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan oleh pihak Kodam. Terlebih mengenai nasib masyarakat yang berada di lahan perkebunan itu.

“Kodam mencari solusi yang baik. Mari kita sama-sama untuk mencari solusi itu. Jadi, saya tidak akan tetapkan langkah-langkah untuk melaksanakan eksekusi. Apabila eksekusi itu justru menimbulkan bentrokan secara fisik dengan masyarakat,” tegas Suharyanto dalam
kunjungan kerjanya ke Makodim Tulungagung pada Sabtu, 16 Januari 2021 siang.

Lanjutnya, TNI memiliki tugas yang lebih penting sebagai aparat Komando Kewilayahan, khususnya membantu tugas Pemerintah Daerah di bidang kesejahteraan masyarakat.

“Artinya walaupun itu merupakan hak Kodam V/Brawijaya, tapi penyelesaiannya kita lakukan secara kondusif. Banyak alternatif-alternatif penyelesaian,” jelasnya.

Terdapat beberapa langkah persuasif yang nantinya akan dilakukan oleh pihak Kodam terkait nasib warga yang tinggal di tanah Kali Gentong. Salah satunya menyediakan rumah bagi warga melalui program RTLH yang rutin dikerjakan oleh pihak Kodam tiap tahunnya.

“Setiap tahun Kodam Brawijaya itu untuk tingkat Provinsi mendapat program rumah tidak layak huni, ini sudah berjalan puluhan tahun. Mudah-mudahan di tahun 2021, itu masih ada. Nah, nanti sasaran rutilahunya disitu (Kali Gentong, red),” pungkasnya. (rls)