Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Drive-Thru Pertama di Jawa Timur, Resmi Beroperasi

25 views
Vaksinasi
Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Drive-Thru Pertama di Jawa Timur, Resmi Beroperasi (foto : hariansurabaya.com)

hariansurabaya.com | Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 Drive-Thru Pertama di Jawa Timur, Resmi Beroperasi

Surabaya – Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Drive-Thru pertama di Jawa Timur resmi beroperasi mulai hari ini. Layanan tersebut merupakan kolaborasi antara Dinas Kesehatan Kota Surabaya, RS Husada Utama (RSHU), Universitas Surabaya, Halodoc dan Gojek. Upaya ini merupakan salah satu bentuk dukungan jangka panjang Pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Tampak beberapa warga lanjut usia (lansia) menerima suntikan vaksin Covid-19 secara drive thru, sehingga tidak perlu turun dari mobil (kendaraan). Dengan mengambil tempat di Lapangan Parkir Mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya), layanan tersebut juga berlaku bagi pengendara roda dua. Tampak beberapa driver Gojek turut berpartisipasi melakukan vaksinasi, baik yang menggunakan mobil maupun motor.

Vaksinasi Drive Thru
Lansia yang melakukan vaksin tidak perlu turun dari mobil (foto : hariansurabaya.com)

Layanan ini resmi diluncurkan oleh Hendro Gunawan selaku Sekretaris Daerah Kota Surabaya sekaligus Ketua Satuan Gugus Tugas Covid 19 atas nama pemerintah kota mengucapkan terima kasih atas peran serta warga yang telah mendukung program pemerintah khususnya dalam menanggulangi pandemi ini. Tak lupa dia juga memohon kerjasama seluruh warga Surabaya, apabila ada teman atau keluarga yang belum melakukan vaksin supaya bisa diajak ke Ubaya.

Vaksinasi
Motivasi dari lansia yang sudah melakukan vaksin (foto : hariansurabaya.com)

Pada kesempatan ini hadir pula beberapa lansia yang sudah melaksanakan vaksin. Salah satunya adalah ibu Nanik yang merupakan Dosen Senior di Ubaya. Dengan usia yang sudah  menginjak 67 tahun dan  mengidap beberapa penyakit diantaranya gula, jantung, asma dan ginjal. Tapi ketika dicek kesehatan dalam kondisi prima, beliau tanpa pikir panjang menyetujui ajakan untuk melakukan vaksin. Juga pak Haji Nurhadi yang sudah berusia 78 tahun. Alasannya selain ingin sehat di masa tuanya, juga ingin pandemi segera selesai. Jadi dia menghimbau untuk masyarakat agar tidak ragu maupun takut karena dia sudah membuktikannya.

Cara mendaftarpun cukup mudah. Masyarakat lanjut usia (lansia) yang memiliki KTP Kota Surabaya bisa mendapatkan vaksinasi dengan mendaftar melalui aplikasi Halodoc dan layanan GoMed di aplikasi Gojek. Lalu datang ke pos yang berlokasi di Lapangan Parkir Mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) sesuai jadwal. Layanan vaksinasi ini dilaksanakan mulai 27 Maret 2021 hingga akhir Juni 2021. (ac)