Diresmikan Pabrik Daur Ulang Botol Plastik Terbesar dan Termutakhir di Indonesia berlokasi di Pasuruan

144 views
Aqua Lestari
Foto dalam pabrik ( foto : ist)

hariansurabaya.com | Diresmikan Pabrik Daur Ulang Botol Plastik Terbesar dan Termutakhir di Indonesia berlokasi di Pasuruan

Pasuruan – Sebagai salah satu bagian dari komitmen untuk mendukung pengelolaan dan pengurangan sampah plastik di Indonesia. Hari ini PT. Veolia Services Indonesia (Veolia Indonesia) bekerja sama dengan PT. Tirta Investama (Danone-AQUA) meresmikan pabrik daur ulang botol plastik PET (Polyethylene Terephthalate) terbesar dan termutakhir di Indonesia dibangun di atas lahan seluas 22.000 meter persegi dengan luas bangungn 7.000 meter persegi.

Acara ini dihadiri oleh Agus Gumiwang Kartasasmita – Menteri Perindustrian Republik Indonesia bersama Sven Beraud-Sudreau selaku CEO Veolia Southeast Asia dan Connie Ang sebagai Presiden Direktur Danone-AQUA.

Berlokasi di Kawasan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, pembangunan pabrik daur ulang ini telah dimulai sejak Maret 2019. Saat ini, pabrik daur ulang Veolia Indonesia tersebut memiliki kapasitas produksi 25.000 ton/tahun recycled PET (rPET) yang telah memenuhi standar keamanan pangan (foodgrade) dan sertifikasi halal.

Saat ini, seluruh kemasan botol plastik Danone-AQUA mengandung material daur ulang hingga 25% dan pada tahun 2019 yang lalu, Danone-AQUA telah meluncurkan botol air minum pertama di Indonesia yang terbuat dari 100% plastik PET daur ulang (AQUA Life). Oleh karena itu, kemitraan dengan Veolia Indonesia tidak hanya membantu meningkatkan upaya pengumpulan dan daur ulang sampah plastik di Indonesia tetapi juga memastikan penggunaan botol plastik yang lebih ramah lingkungan dengan tersedianya pasokan bahan baku yang memadai.

Veolia Indonesia merupakan perusahaan lokal bagian dari Grup Veolia yang berbasis di Perancis. Memiliki pengalaman panjang serta keahlian kuat dalam daur ulang dan pemrosesan plastik, Grup Veolia memiliki aspirasi menjadi perusahaan benchmark untuk transformasi ekologi. Danone-AQUA mendukung operasional pabrik Veolia Indonesia dengan menjadi konsumen utama sekaligus memastikan terbangunnya rantai pasok botol plastik PET bekas yang inklusif melalui upaya peningkatan kesejahteraan pemulung dan pekerja TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, dan Recycle) di 4 Kabupaten di Indonesia, dibawah naungan project Inclusive Recycling Indonesia atau Daur Ulang Inklusif Indonesia.

Daur ulang botol plastik bekas menjadi kemasan air mineral baru seperti yang dilakukan pada pabrik ini telah diuji sesuai dengan standar keamanan pangan Indonesia dan mendapatkan sertifikat halal. Fasilitas ini juga menyerap lebih dari 200 orang tenaga kerja lokal dan didukung teknologi modern dimana mesin yang digunakan mampu memisahkan tutup dan label sekaligus dengan cepat.

Pembangunan pabrik daur ulang plastik ini juga sebagai bentuk kontribusi Veolia Indonesia dan Danone-AQUA pada aspek sosial dan lingkungan, untuk mendukung target pemerintah mengurangi sampah plastik di laut sebesar 70% pada tahun 2025 serta menjadikan Indonesia yang lebih bersih. (rls)