BPJS Kesehatan Surabaya Memaksimalkan Fasilitas Program Layanan Peserta JKN-KIS dimasa Pandemi Covid-19

11 views
BPJS Kesehatan Surabaya
BPJS Kesehatan Surabaya Memaksimalkan Fasilitas Program Layanan Peserta JKN-KIS dimasa Pandemi Covid-19 (foto : hariansurabaya.com)

hariansurabaya.com | BPJS Kesehatan Surabaya Memaksimalkan Fasilitas Program Layanan Peserta JKN-KIS dimasa Pandemi Covid-19

Surabaya – Pada hari Jumat (10/09) BPJS Kesehatan Surabaya menggelar acara yang bertema “Cangkruk Bersama Media dan BPJS Kesehatan Tahun 2021”.  Acara tersebut diselenggarakan secara offline dan online. Yang offline atau tatap muka bertempat di Gedung Pertemuan IDI Cabang Surabaya jalan Mayjen Prof Dr Moestopo No 117 Surabaya. Sedangkan yang online berupa webinar dengan tema membahas pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Skrining Riwayat Kesehatan secara mandiri dalam aplikasi digital.

Semua peserta terutama dari perwakilan media yang hadir, wajib melalui prosedur protokol kesehatan yang ketat. Dengan melakukan tes swab antigen oleh tenaga medis yang telah disiapkan BPJS Kesehatan Surabaya sebelum acara berlangsung.

Hadir sebagai nara sumber dalam acara tersebut adalah Eka Wahyudi selaku Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Kantor Cabang Surabaya dan Wiedho Widiantoro selaku Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Kantor Cabang Surabaya. Dengan diikuti kurang lebih 25 rekan media cetak, online, televisi maupun radio.

Sebagai nara sumber yang memaparkan pertama adalah Wiedho Widiantoro selaku Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Kantor Cabang Surabaya yang menjelaskan kalau pertemuan kali ini merupakan peluang untuk menyampaikan informasi dan edukasi bagi peserta JKN.

” Kesempatan hari ini, menjadi penting kami sampaikan kepada seluruh rekan wartawan yang hadir, baik virtual maupun yang ada di dalam ruangan. Bahwa informasi tentang kemudahan program layanan peserta JKN-KIS dimasa Pandemi Covid-19 ini wajib disampaikan kepada masyarakat luas,”jelas Wiedho.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Surabaya memberikan banyak kemudahan fasilitas melalui aplikasi digital Mobile JKN, Pelayanan Peserta melalui chat Whatsapp (Pandawa), BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, Chika (Chat Asistant JKN), BPJS Satu dan digitalisasi pelayanan administrasi faskes. Jadi tidak harus datang ke kantor BPJS terdekat. Cukup manfaatkan kanal pelayanan digitalisasi yang telah disediakan, peserta ditempat manapun dan kapanpun dapat mengakses keperluannya melalui sarana yang telah disediakan.

Salah satu fasiltas yang mewakili yakni aplikasi Mobile JKN. Yang didalamnya terdapat fiture cukup komplit. Kartu elekronik peserta, merubah data peserta, Skrining Riwayat kesehatan Covid-19, premi pembayaran, ketersediaan kamar di RS/Fasiltas dan masih banyak lagi kemudahan tanpa perlu keluar rumah. (avc)