Peringati Hari Disabilitas Internasional, Y-AMI Laksanakan Khitan Ceria Untuk 60 ABK Di Sidoarjo

21 views
Hari Disabilitas Internasional
Peringati Hari Disabilitas Internasional, Y-AMI Laksanakan Khitan Ceria Untuk 60 ABK Di Sidoarjo (foto : majid)

hariansurabaya.com | Peringati Hari Disabilitas Internasional, Y-AMI Laksanakan Khitan Ceria Untuk 60 ABK Di Sidoarjo

Sidoarjo – Yayasan Ananda Mutiara Indonesia atau Y-AMI memperingati hari Disabilitas Internasional sekaligus merayakan anniversary ke 2 dengan melaksanakan khitanan ceria untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) dan masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Y-AMI pusat Yenni Dharmawanti,S.E. di sela acara pada minggu (5/12/2021) di perumahan Taman Puspa Anggaswangi kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo.

“Khitan massal ini adalah program rutin dari yayasan Ananda Mutiara Indonesia yang dilaksanakan 2 kali dalam 1 tahun untuk memfasilitasi para orang tua ABK yang kesulitan dalam melakukan kewajiban mengkhitankan anaknya. Dan hari ini alhamdulillah sebanyak 60 ananda istimewah telah selesai melaksanakan khitannya” jelas Yenni dengan wajah berseri-seri.

Lebih lanjut ia merinci kalau selama dua tahun ini Y-AMI telah berhasil mengkhitan sebanyak 348 anak istimewa yang berasal dari berbagai wilayah di provinsi jawa timur.

“Untuk khitan kali ini, tim dokter juga berhasil melakukan khitan untuk kategori peserta terkecil usia 2 tahun yakni penyandang disabilitas intelektual down syndrome dan pjb jantung. Kemudian untuk peserta yang paling besar berusia 21 tahun penyandang disabilitas intelektual autism dari kabupaten Madiun.” sambung Yenni yang juga di karuniai dua orang putra berkebutuhan khusus.

Yenni juga menambahkan, bahwa proses khitan ABK juga membutuhkan keahlian khusus dan kesabaran dari para tim medis dantim relawan, imbuhnya. Pasalnya, beberapa dari ABK yang berbadan besar hampir dipastikan brontak. Dan benar juga, kemarin meja sampai patah sewaktu prosesi khitan karena peserta memberontak. Tapi para orang tua dan relawan sudah terbiasa dengan hal tersebut.

Tidak lupa Yenni juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu untuk mensukseskan event ini. Harapannya semoga kedepannya bisa diberikan kekuatan untuk terus melaksanakan program ini.

Khitan Ceria ini terselenggara atas kerjasama antara Y-AMI dengan Nurul Hayat Sidoarjo dan didukung oleh para donator diantaranya Precise Shoes, Baitul Mal Hidayatulloh Sidoarjo, Aksi Cepat Tanggap, Crisis Center Dhuafa, DNY Skincare, PT Titan Bahureksa, Sedekah Rombongan Surabaya, Hair Dresser Peduli Indonesia, Andreancell, SIG, Salon Martin, Siomay SH, Fortuner Indonesia One Family serta seluruh warga masyarakat perumahan Taman Puspa Anggaswangi kecamatan Sukodono yang juga mendirikan dapur umum dan live music untuk menghibur para ABK. (majid)