Wagub Emil Dardak : Generasi Milenial Harus Tangkap Peluang Digital Bisnis

9 views
Wagub Jawa Timur, Emil Dardak mendorong generasi millenial kreatif menjemput dan menangkap peluang yang ditawarkan pada digital bisnis/Pemprov Jatim

Ponorogo, HarianSurabaya.com–Kehadiran transformasi digital sesuai perkembangan zaman saat ini memberikan peluang sekaligus tantangan bagi anak muda atau dikenal dengan generasi millenial untuk berpacu menangkap peluang bisnis melalui banyak platform digital.

Untuk itu, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mendorong generasi millenial untuk terus kreatif menjemput dan menangkap peluang yang ditawarkan pada digital bisnis yang saat ini menjadi peluang bisnis baru yang menjanjikan.

“Inilah realita kemajuan perkembangan zaman saat ini. Dimana dunia terus bergerak sehingga mengharuskan peran generasi milenial sehingga diharapkan mampu mengambil peluang bisnis yang ada,” ungkap Wagub Emil saat menghadiri Workshop Digital Enterpreneur 2022 di Expotorium Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Jumat (25/3).

Emil mengatakan, digital bisnis harus dipahami secara utuh sebagai sebuah metode untuk menjalankan maupun meningkatkan usaha bisnisnya. Akan tetapi, komitmen terhadap kemauan terhadap pengembangan bisnis usahanya menjadi hal utama.

“Saya menyebut, jika proses digital hanyalah sebuah metode. Namun yang terpenting adalah komitmen bisnisnya apa dulu yang di utamakan. Apakah bisnis kerajinan, fashion, atau produk makanan dan minuman,” urainya.

Menurut Emil, bisnis atau produk yang sedang digeluti harus dijalankan sekaligus dikuatkan. Sehingga digital bisnis akan membantu meningkatkan akses pasar yang lebih luas dan peluang bisnis yang dihasilkan bisa diketahui banyak pasar.

Emil menggambarkan, bahwa digital bisnis atau cara berjualan secara online saat ini telah menuntut inovasi para generasi millenial dalam memasarkan produknya secara kreatif. Jika dahulu membuat maupun menjual produk harus dipegang atau dilihat secara fisik namun saat ini telah berbah mengandalkan daya tarik visual atau foto.

“Transformasi digital saat ini tidak bisa lagi kita memegang barang atau produk di pasaran. Maka, satu satunya yang harus kita kuatkan yakni mengandalkan keahlian dan daya tarik visual melalui foto. Foto produk ini harus bisa menggambarkan produk kita memiliki nilai tinggi sehingga memberi efek sekaligus daya tarik bagi konsumennya.

Di Jatim, lanjut Mantan Bupati Trenggalek itu, Pemprov Jatim terus berupaya mencetak banyak talenta melalui program Millenal Job Center (MJC). MJC ini membantu para pelaku usaha untuk mengupgrade usaha para pelaku usaha maupun UMKM agar lebih menarik.

“Kami di Jatim mencetak banyak talenta. Sampai hari ini MJC sudah membantu lebih 4.000 project dan mencetak sekitar 1.500 talenta. Silahkan jika anak anak muda yang ingin belajar tentang MJC bisa datang ke Kantor Bakorwil Madiun yang akan membantu mendukung pelaku UMKM di area Madiun Raya,” tegasnya. (hsa)