Cek Pos Pengamanan dan Pelayanan Arus Mudik, Wali Kota Surabaya Imbau Warga Tak Lakukan Takbir Keliling

6 views
Wali Kota Eri Cahyadi saat melakukan cek arus mudik Stasiun Gubeng

Surabaya, HarianSurabaya.com–Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya melakukan pengecekan pelayanan arus mudik dan sejumlah Pos Pengamanan Terpadu Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Pengecekan dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat selama mudik lebaran.

Pengecekan dilakukan seusai kegiatan apel bersama yang berlangsung di Mapolrestabes Surabaya, Minggu (1/5/2022) sore.

Beberapa lokasi pengecekan tersebut, terdiri dari pelayanan arus mudik di Stasiun Gubeng Baru, Pos Pengamanan Terpadu Bundaran Waru (CITO) serta Pos Pengamanan Terpadu Taman Bungkul Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, baik TNI-Polri yang terus memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat selama bulan Ramadan hingga sekarang. Ia pun mengimbau masyarakat agar tidak melakukan kegiatan arak-arakan saat malam takbiran.

“Saya berharap malam takbir tidak ada kegiatan takbir keliling. Kita melaksanakan malam takbir di masjid dan musala masing-masing untuk mencegah antar bentrokan dan karena masih dalam masa pandemi Covid-19,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Wali Kota Eri Cahyadi juga berpesan kepada warga, khususnya yang tidak melakukan mudik agar turut serta menjaga kamtibmas di masing-masing wilayahnya. Sedangkan bagi yang melakukan mudik, ia berharap warga tersebut tetap mengutamakan keselamatan di jalan.

“Bagi yang mudik, bisa disampaikan keamanannya kepada petugas di kampungnya setempat. Sehingga tahu rumah mana yang ditinggalkan. Sekaligus sebelum mudik tolong dipastikan keamanan rumah, baik itu terkait listrik atau kompor gas,” harap dia.

Ia meyakini, dengan kekompakan dan kebersamaan seluruh pihak, baik masyarakat maupun TNI-Polri, Surabaya tetap menjadi kota yang aman dan nyaman. Apalagi sebanyak 2.500 personel gabungan juga dikerahkan untuk mendukung pengamanan selama libur lebaran di Kota Pahlawan.

“Insyaallah dengan doanya warga Surabaya, dengan kebersamaan dan kekompakan, Forkopimda Surabaya sudah berjuang sangat luar biasa, saya yakin Surabaya akan terjaga keamanannya,” tegasnya.

Wali kota juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh petugas Pos Pengamanan Terpadu yang telah merelakan waktu bersama keluarga untuk menjaga keamanan Kota Surabaya. “Terima kasih kepada semuanya yang telah hadir memberikan kontribusi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama masa mudik di Kota Surabaya,” tuturnya.

Sementara iKapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan arak-arakan takbir keliling. Untuk mencegah hal tersebut, pihaknya bakal mengarahkan masyarakat agar melaksanakan malam takbir di masing-masing wilayah kelurahan dan kecamatan.

“Kita arahkan ke wilayahnya. Jadi mereka dikanalisasi di kelurahan-kecamatan masing-masing supaya tertib menghindari potensi permasalahan, seperti gesekan dan hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Kombes Pol Akhmad Yusep.

Oleh sebab itu, Kapolres kembali mengimbau kepada masyarakat agar dapat mentaati aturan tersebut. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan maupun tindakan pidana bisa dicegah secara bersama-sama.

“Kalau ada (arak-arakan malam takbir), kita hentikan dan dikawal dikembalikan ke asal keberangkatan. Kita lakukan dengan persuasif dan humanis,” pungkasnya. (hsa)