Timnas Indonesia U-23 Siap Hadapi Vietnam di Laga Pertama Sepak Bola SEA Games 2021

6 views
Skuad Garuda Muda siap tampil di cabor sepak bola SEA Games 2021 di Vietnam yang dimulai Jumat (6/5) besok
Hanoi, HarianSurabaya.comMulai Jumat (6/5/2022) besok, Timnas Indonesia U-23 akan memgawali perjuangan di cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021 yang digelar di Vietnam.

Garuda Muda–julukan Timnas Indonesia U-23–akan menghadapi tuan rumah Vietnam di pertandingan pertama Grup A pada Jumat (6/5) petang.

Laga pertama ini akan menjadi pertandingan sulit bagii Timnas Indonesia U-23. Sebab, Vietnam berstatus tuan rumah yang identik lebih diuntungkan.

Selain itu, Vietnam juga merupakan juara bertahan sepak bola SEA Games 2019. Kala itu, Vietnam mengalahkan Indonesia dengan skor 3-0 di final.

Namun, skuad Garuda Muda tentu sudah siap menantang Vietnam. Sebanyak 20 pemain yang dibawa pelatih Shin Tae-yong sudah siap tempur.

Dari 20 pemain itu, sebanyak 7 pemain pernah ikut tampil di SEA Games 2019 silam. Yakni Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, dan Firza Andika.

Timnas Indonesia U-23 juga diperkuat dua pemain senior yang sebelumnya berlaga di Piala AFF 2020. Yakni bek Fachruddin Aryanto dan gelandang enerjik, Ricky Kambuaya. Serta, pemain naturalisasi, Marc Klok yang akan melakoni debut untuk Timnas Indonesia di SEA Games.

Indonesia dan Vietnam menjadi favorit di Grup A untuk lolos ke babak semifinal. Hanya dua dari lima tim di Grup A yang akan lolos ke semifinal.

Di Grup A, selain Vietnam, Garuda Muda tergabung dengan Myanmar, Filipina, dan Timor-Leste.

Setelah Vietnam, Indonesia menghadapi Timor-Leste pada pertandingan kedua, Selasa (10/5) pekan depan.

Berikutnya, Indonesia menghadapi Filipina pada Jumat (13/5). Dan terakhir, Garuda Muda akan meladeni Myanmar pada 15 Mei mendatang.

Sejak SEA Games edisi 2011 di Jakarta hingga SEA Games di Manila pada 2019 lalu, tim sepak bola Indonesia selalu meraih medali alias tembus ke semifinal.

Hanya saja, Indonesia belum mampu mengakhiri penantian panjang meraih medali emas sepak bola di SEA Games

Kali terakhir tim Indonesia meraih medali emas cabang olahraga (cabor) sepak bola di SEA Games terjadi pada 1991 silam atau sudah 31 tahun lamanya. (hsa)