Pemkot Surabaya Gelar Kejuaraan Futsal Piala Wali Kota, Atlet Terbaik Bakal Diikutkan Diklat Futsal

5 views
Disbudporapar Surabaya menggelar kejuaraan futsal memperebutkan Piala Wali Kota di GOR Indoor Gelora Bung Tomo/Kominfo Surabaya

Surabaya, HarianSurabaya.com–Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya menggelar kejuaraan futsal memperebutkan Piala Wali Kota di GOR Indoor Gelora Bung Tomo. Kegiatan ini sekaligus menjadi salah satu rangkaian dalam memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi resmi membuka Kejuaraan Futsal memperebutkan Piala Wali Kota yang dimulai Rabu (11/5). Bahkan, wali kota yang didampingi Sekretaris Daerah Kota Surabaya Hendro Gunawan dan Ketua Umum KONI Kota Surabaya Hoslih Abdullah membuka pertandingan dengan melakukan kick off atau menendang bola pertama.

“Saya berharap para atlet yang ikut pertandingan memperebutkan Piala Wali Kota bisa menunjukkan rasa sportifitas. Jangan sampai ada sebuah persaingan untuk menjatuhkan lawan. Harus kita ingat bahwa yang kita hadapi adalah saudara kita sendiri,” ujar Wali Kota Eri Cahyadi.

Selain itu, untuk mencetak atlet terbaik dari Kota Pahlawan, pemkot akan memberikan pelatihan dan diklat olahraga futsal kepada Tim atau Klub terbaik yang menjadi finalis Kejuaraan Futsal Tahun 2022. Atlet tersebut akan dipilih berdasarkan tingkat sportifitas dan skil yang mumpuni.

“Kita akan pilih pemain yang terbaik, karena saya berharap kegiatan ini bisa memunculkan talenta hebat untuk membawa nama Kota Surabaya menjadi kota olahraga,” ungkap dia.

Untuk menambah semangat dan percaya diri setiap pemain dalam Kejuaraan Futsal, Wali Kota Eri Cahyadi mengajak seluruh warga Surabaya untuk ikut memeriahkan rangkaian kegiatan HJKS ke-729. Salah satunya adalah menonton pertandingan Kejuaran Futsal di GOR Indoor Gelora Bung Tomo.

“Ketika ada suporter maka semakin bersemangat dan semakin terlihat rasa kebersamaannya,” kata dia.

Menurut dia, dengan adanya para remaja yang ikut menjadi bagian dalam perayaan memperingati HJKS ke-729, mampu mengantisipasi tindakan gejolak sosial yang bisa menyebabkan terjadinya tawuran.

“Ayo warga Surabaya kita berikan semangat untuk para atlet muda kita. Untuk para atlet selamat berjuang, wujudkan dedikasi dan kemampuan terbaik untuk menjadi juara dan menjadi atlet terbaik dengan jiwa sportifitas yang tinggi,” kata dia.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan, Kejuaraan Futsal memperebutkan Piala Wali Kota antar Klub U-19 ini digelar hingga 15 Mei Mei 2022.

Acara yang digelar pemkot bersama Asosiasi Futsal Kota Surabaya dan KONI Surabaya ini diikuti oleh 32 tim futsal putera se-Surabaya. “Masyarakat bisa menonton secara langsung kegiatan ini secara gratis, namun tetap harus menjaga prokes,” kata Wiwiek.

Usai kejuaraan Futsal memperebutkan Piala Wali Kota, Disbudporapar berencana melakukan seleksi 32 Klub Futsal untuk masuk menjadi tim khusus atau tim inti Futsal Kota Surabaya. Serta akan diberikan diklat khusus untuk futsal.
“Selain diklat sepak bola, maka kami akan membuat diklat untuk olahraga futsal untuk memperkuat skil dari para atlet,” jelas dia.

Wiwiek menambahkan, masyarakat Surabaya bisa ikut berpartisipasi untuk menyaksikan seluruh kegiatan dalam rangkaian peringatan HJKS ke-729. Sebab, akan banyak kegiatan dan festival menarik yang dimulai 1 Mei 2022 dan akan berakhir 5 Juni 2022. “Mulai Surabaya Shopping Festival, kejuaraan olahraga memperebutkan Piala Wali Kota, parade budaya, pawai bunga, Fashion Carnaval, dan UMKM. Masyarakat jangan sampai ketinggalan dan tetap menerapkan prokes selama kegiatan berlangsung,” pungkasnya. (hsa)