Pastikan Hewan Kurban di Jatim Aman di Idul Adha 1443 H, Emil Berpesan Jangan Ragu Berkurban

35 views
Pastikan Hewan Kurban di Jatim Aman Saat Idul Adha 1443 H, Plt Gubernur Emil Dardak berpesan Jangan Ragu Untuk Berkurban

Surabaya, HarianSurabaya.com–Plt Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak berpesan kepada masyarakat agar tidak khawatir dan maupun ragu berkurban meski di tengah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Ini karena Pemprov Jatim akan terus mengawasi.

Imbauan tersebut disampaikan Emil Dardak usai melakukan Sholat Idul Adha bersama keluarga di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Minggu (10/7) pagi.
Didampingi oleh istrinya, Arumi Bachsin yang juga Ketua TP PKK Jatim serta putrinya, Emil melakukan Sholat Ied bersama dengan Forkopimda Jatim dan sebanyak 45 ribu jemaah lainnya, yang diimami oleh Imam Besar Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Abdul Hamid Abdullah.

“Ada 17 ribu titik se Jawa Timur yang sudah didaftarkan dinas kab/kota non RPH tempat memotong hewan ternak. Bahkan hari ini bertambah lagi dua ribu dan ini sudah terpantau. Artinya satu paramedic atau veteriner mengawasi lebih dari 1 titik,” kata Emil.

Menurut Emil, keyakinan untuk mengajak masyarakat untuk tak ragu berkurban, juga dikarenakan saat ini kondisi penyebaran wabah PMK dari hari ke hari mengalami penurunan. Meski demikian, Emil terus mengingatkan, agar para peternak tidak lengah.

Emil mengapresiasi kerja keras verteriner dan paramedic yang secara terus menerus melakukan pemeriksaan di beberapa titik sample yang didatangi, seperti di RPH (Rumah Pemotongan Hewan) Pegirikan Surabaya, serta Islamic Center yang merupakan titik kumpul dari 50 sapi dari berbagai penjuru.

“Yang tidak kalah penting, disediakannya pemeriksaan dengan proses antemortem serta pemeriksaan pra penyembelihan yang dilakukan 12 hingga 24 jam dan tidak ditemukan satupun tanda-tanda PMK. Masyarakat mohon dipatuhi peraturan yang berlaku. Pastikan tempat-tempat yang menyembelih hewan ini, memang sudah melakukan pemeriksaan baik antemortem dan pos mortem,” pesan Emil.

Usai melakukan Sholat Idul Adha berjamaah, Emil juga melakukan peninjauan beberapa jenis sapi yang akan dikurbankan. Penyembelihan akan dilakukan esok hari pada, Senin (11/7).

Pada kesempatan tersebut dilakukan pula prosesi penyerahan hewan kurban dari Presiden Republik Indonesia dan Gubernur Jawa Timur kepada Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

Tahun ini, Presiden Joko Widodo memberikan jenis sapi kurban dengan jenis Simental, yang memiliki berat 1,2 Ton serta umur Poel 1 pasang dengan tinggi pundak 151 cm, panjang badan 187 cm dan lebar dada 256 cm yang berasal dari Desa Sukapura Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Total di tahun ini, jumlah hewan kurban yang diamanahkan untuk dilakukan penyembelihan di MAS yakni sebanyak 26 sapi dan 57 kambing. Jumlah tersebut naik signifikan dibandingkan tahun lalu meski ditengah wabah PMK. (hsa)