Kauman Iftar Package di Surabaya Suites Hotel

15 views
Kauman Iftar Package di Surabaya Suite
Kauman Iftar Package di Surabaya Suite

hariansurabaya.com | SURABAYA – Membahas tradisi Idul Fitri di Indonesia, tidak bisa lepas dari Kampung Kauman yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, khususnya Pulau Jawa.

Seperti yang kita ketahui, hampir di setiap daerah di Indonesia, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur, memiliki daerah bernama Kauman. Pada mulanya, Kauman merupakan kompleks pemukiman yang terletak di wilayah keraton dan biasanya ditinggali oleh para abdi dalem yang mengurusi seputar urusan keagamaan. Pada umumnya, kampung ini terletak di dekat masjid agung dan alun-alun.

Sejarah panjang Kampung Kauman berasal dari Kampung Kauman Surakarta. Disebut sebagai Kampung Kauman tertua, bersamaan dengan dibangunnya Masjid Agung Surakarta pada tahun 1757. Kemudian berkembang ke Yogyakarta, yang lantas semakin berkembang ke berbagai daerah.

Pada bulan Ramadhan tahun 2023, Surabaya Suites Hotel mengangkat tema Kauman sebagai tema utama, dengan menyertakan kuliner-kuliner unggulan dari setiap daerah. Ada 8 tema Kauman yang diangkat selama bulan Ramadhan di antaranya:

  1. Kauman Gerbangkertasusila,
  2. Kauman Yogyakarta,
  3. Kauman Semarangan yang mencakup area Semarang, Salatiga dan Wonosobo,
  4. Kauman Jawa Timuran yang mencakup area Tulungagung, Blitar, Nganjuk, Ngawi, Ponorogo dan Bojonegoro,
  5. Kauman Tapal Kuda yang mencakup Pasuruan, Bangil dan Malang,
  6. Kauman Surakarta,
  7. Kauman Pesisir Kulon yang mencakup Pekalonga, Batang dan Pemalang, dan
  8. Kauman Pesisir Wetan yang mencakup Kudus, Pati dan Jepara.

Tentunya juga aka nada berbagai macam menu khas dari setiap daerah tersebut yang akan berganti setiap harinya. Hanya dengan harga early bird sebesar IDR 99.000, pengunjung sudah dapat menikmati berbagai menu yang sudah disediakan.

Selain menu Kauman Iftar, Surabaya Suites Hotel juga mengadakan pameran lukisan sepanjang total kurang lebih 40 meter, dilukis oleh kurang lebih 20 pelukis local Surabaya dengan koordinator Budi Bi dan Te Kamajaya, masih mengangkat tema seputar Kauman. Lukisan-lukisan ini dapat dinikmati di area Café Taman, Surabaya Suites Hotel, selama bulan Ramadhan.(ac/ist)