Kampanye FIFGROUP #SatuNAFAS Dukung Program Keberlanjutan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu

25 views
Kampanye FIFGROUP #SatuNAFAS Dukung Program Keberlanjutan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu
Kampanye FIFGROUP #SatuNAFAS Dukung Program Keberlanjutan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu

hariansurabaya.com | JAKARTA – Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia menyimpan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Dari Sabang sampai Merauke, setiap pulau di Indonesia menawarkan kekayaan alam dan ekosistem yang mempesona. Mulai dari hutan hujan tropis yang lebat, pegunungan yang megah, hingga laut yang indah dengan terumbu karang yang menakjubkan. Salah satunya adalah Pulau Pari, Kepulauan Seribu. 

Sebagai wujud komitmen FIFGROUP dalam mengurangi pencemaran udara dan lingkungan serta berkontribusi terhadap dampak perubahan iklim, FIFGROUP memilih Pulau Pari sebagai bagian dari kelanjutan misi penanaman pohon mangrove. Sebanyak 2.326 bibit pohon mangrove ditanam di pulau itu dalan rangkaian pencapaian kampanye #SatuNAFAS (Nolkan Asap Fokuskan Aksi Sustainabilitas) yang telah digelar perseroan.

Pulau Pari menjadi destinasi keempat melanjutkan program penanaman 234 pohon mangrove di Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara pada bulan Juni, dan 340 mangrove di Benoa, Bali pada bulan Agustus, dan 500 mangrove di Kawasan Hutan Mangrove Kuala Langsa, Aceh. Dengan demikian, total pohon mangrove yang ditanam sepanjang tahun 2023 di tambah dengan pelaksanaan kegiatan Tanam Pohon Mangrove hari ini, yaitu sebanyak 3.400 pohon mangrove.

Program yang bekerja sama dengan Kompas.id sebagai media partner ini juga menjadi bagian dari rangkaian acara perayaan HUT FIFGROUP yang ke-34. Dalam rangka perayaan tersebut, FIFGROUP melalui Corporate Social Responsibility (CSR) menyalurkan Dana Sosial Syariah yang diimplementasikan melalui penanaman 34.000 pohon secara bertahap sepanjang tahun 2023. Dengan demikian, sejak awal tahun 2023 hingga bulan November ini, FIFGROUP telah berhasil menanam sebanyak 19.934 bibit pohon konservasi dan mangrove yang ditanamkan di 31 lokasi cabang FIFGROUP, yang bekerja sama dengan 37 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian di seluruh Indonesia.

Human Capital (HC), General Support (GS), Corporate Communication, Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati, membuka aksi penanaman mangrove dengan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen FIFGROUP untuk terus berupaya hadir dalam menjaga keberlangsungan lingkungan sekitar dan menekan dampak perubahan iklim.

“FIFGROUP berkomitmen untuk menjaga keberlangsungan lingkungan sekitar dan berperan dalam menekan dampak perubahan iklim. Melalui aksi penanaman pohon mangrove hari ini, kami ingin memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar, serta menciptakan lingkungan yang berkelanjutan untuk generasi mendatang,” kata Esther.

Kegiatan penanaman bibit pohon mangrove di Pulau Pari ini merupakan bentuk dukungan FIFGROUP dalam memberikan dampak positif kepada masyarakat dan komunitas melalui 3 Aspek Strategi Sustainability (keberlanjutan), yaitu Portofolio, People dan Public Contribution. Kegiatan ini masuk dalam poin ketiga yaitu Public Contribution Strategy melalui salah satu pilar Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, yaitu FIFGROUP Lestari.

“Selain itu, kegiatan penanaman mangrove yang FIFGROUP lakukan pada tahun ini selaras juga dengan dua poin tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu tidak hanya poin 13 mengenai Penanganan dan Perubahan Iklim, tetapi juga turut selaras dengan poin 14 yang berfokus pada Kehidupan Bawah Air. Dalam hal ini FIFGROUP mengambil peranan, salah satunya melalui kampanye #SatuNAFAS sebagai turunan dari FIFGROUP #CARE (Create Action, Rescue Earth) dalam rangka perwujudan #CAREforGreenLiving sebagai bentuk aksi nyata kepedulian perusahaan terhadap perubahan iklim untuk keseimbangan lingkungan hidup yang berkelanjutan, dan juga bentuk komitmen FIFGROUP terhadap tujuan Environment, Social, and Governance (ESG) Goals yaitu Community Relations,” tambah Esther.

Dukungan Internal dan Eksternal

Selama perhelatan IMOS+ 2023, lewat kampanye #SatuNAFAS berhasil terkumpul 2.000 bibit pohon mangrove yang berasal dari konversi keterlibatan pengunjung pameran. Adapun 326 bibit pohon mangrove lainnya terkumpul dari konversi partisipasi internal karyawan dalam kampanye #SatuNAFAS. 

Pada perhelatan IMOS+ 2023 lalu, FIFGROUP ikut mengajak masyarakat untuk ikut andil dalam memberikan kontribusi melalui program kampanye #SatuNAFAS untuk mengatasi masalah kualitas udara akibat polusi. Kampanye #SatuNAFAS ini hadir selama perhelatan IMOS+ 2023 berlangsung melalui berbagai kegiatan. Atas setiap transaksi produk pembiayaan FIFGROUP yang dilakukan oleh pengunjung telah dikonversikan menjadi 1 bibit pohon mangrove. 

Kemudian, bagi pengunjung IMOS+ 2023 yang telah melakukan registrasi dan swafoto di framebooth FIFGROUP kemarin, juga telah dikonversikan menjadi 1 bibit pohon mangrove atas setiap registrasi dan foto yang terkumpul. Selain itu, tidak hanya bagi para pengunjung IMOS+ 2023, kampanye #SatuNAFAS mengajak seluruh internal karyawan perusahaan untuk mengikuti lomba pembuatan video kreatif dengan tema “Pencegahan Dampak Polusi Udara”. Atas setiap video yang dibuat oleh internal karyawan juga dikonversikan menjadi 1 bibit pohon mangrove. 

Pulau Pari merupakan salah satu gugus pulau kecil yang berderet dari selatan ke utara perairan Jakarta, dengan luas 50,8 hektar, sehingga dikategorikan sebagai pulau yang sangat kecil. Meskipun demikian, Pulau Pari memiliki sumber daya alam dan ekosistem yang menakjubkan, salah satunya adalah ekosistem hutan mangrove. Meskipun memiliki potensi yang besar, kegiatan wisata dan aktivitas kehidupan lain di Pulau Pari terancam oleh abrasi dan banjir rob. 

Ekosistem mangrove memegang peran penting dalam situasi ini. Kestabilan lingkungan di pulau-pulau kecil seperti Pulau Pari dipegang peranannya oleh Hutan Mangrove. Secara langsung mangrove memberikan perlindungan pada stabilitas garis pantai, pengendalian banjir, dan penyangga badai. Akar-akar mangrove menghalau gelombang dan membentuk sedimen yang menyelamatkan daratan dari abrasi.(ac)