Peringatan Hari AIDS Sedunia 2023, Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Gresik Gelar Sarasehan

29 views
Peringatan Hari AIDS Sedunia 2023, Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Gresik Gelar Sarasehan (foto : ist)
Peringatan Hari AIDS Sedunia 2023, Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Gresik Gelar Sarasehan (foto : ist)

hariansurabaya.com | GRESIK – Acara peringatan Hari AIDS 2023 di Kabupaten Gresik mengusung tema “Bergerak Bersama Komunitas : Akhiri AIDS 2030” dilaksanakan di Aula RS Ibnu Sina Gresik (selasa,12/12/2023)

Waki Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah menjelaskan Pemkab Kabupaten Gresik selalu melakukan upaya untuk mensosialisasikan pencegahan dan penanggulangan bagi penderita AIDS. Kasus HIV/AIDS yang ada di Kabupaten Gresik sama dengan yang dialami dengan daerah lain, masih ditemukan kasus-kasus baru yang muncul. Pada tahun 2023 ditemukan jumlah kasus sejumlah 10 % – 12 % atau berjumlah 667 orang.

Persoalan HIV/AIDS adalah persoalan bersama. Dengan diadakannya sarasehan ini diharapkan dapet mengedukasi para komunitas peduli AIDS sehingga dapat menyebarkan kepada masyarakat tentang bahaya penyakit HIV/AIDS.

Hadir dalam acara tersebut Kolonel Laut (K) Dr. dr. Hisnindarsyah, SpKL. Subsp.KT(K), SE., M.Kes., MH., C.FEM, FISQua, FRSPH selaku narasumber dalam acara tersebut.

Disampaikan bahwa penyebab seseorang menderita HIV/AIDS salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat dan perilaku menyimpang bagi seseorang yang sudah memiliki pasangan. HIV/AIDS dapat dicegah melalui penguatan nilai-nilai religius dengan iman dan taqwa. Sehingga tidak muncul penyakit HIV / AIDS.

Turut Hadir Ketua umum Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku ( YBSI), Sekretaris KPA Gresik Dr Adi Yuwanto, Direktur RS Ibnu Sina Gresik Dr Soni, Sekda Kabupaten Gresik , Kadinkes kabupaten Gresik para OPD, Camat dan komunitas di seluruh kota Gresik sejumlah 150 orang peserta. Acara diakhiri dengan pertunjukan teaterikal yang sangat memukau.(ist)