Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur Melakukan Sosialisasi Dashboard Posyandu lewat Digitalisasi Posyandu

81 views
Suasana Sosialisasi Dashboard Posyandu lewat Digitalisasi Posyandu di Desa Bringinbendo, Taman, Sidoarjo (foto : ist)
Suasana Sosialisasi Dashboard Posyandu lewat Digitalisasi Posyandu di Desa Bringinbendo, Taman, Sidoarjo (foto : ist)

hariansurabaya.com | SURABAYA – Mahasiswa Sains Data Universitas Pembangungan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Bringinbendo, Taman, Sidoarjo.

Kegiatan ini berlangsung pada 21 November-15 Desember 2023. Program utama dalam KKN ini adalah pembuatan dashboard untuk meningkatkan efektivitas pencatatan posyandu balita dan pemantauan stunting pada balita.

Desa Bringinbendo memiliki empat pos pelayanan posyandu yang melayani sekitar 30-60
balita di tiap posnya. Setiap bulan di minggu ke-3 terdapat kegiatan rutin Posyandu Balita yang melakukan pencatatan tinggi dan berat badan balita.

“Kami mendapatkan informasi dari petugas posyandu bahwa proses pencatatan data masih dilakukan secara manual dengan menggunakan kertas. Dari situ, kelompok kami melihat peluang untuk mengembangkan sistem digital melalui pembuatan Dashboard Posyandu,” jelas Citra Amelia selaku Ketua KNN.

Pada hari Jumat (15/12) mahasiswa KKN yang berasal dari kelompok 8 melakukan
sosialisasi dashboard. Tujuan sosialisasi adalah untuk mengenalkan fitur-fitur dan cara
penggunaannya. Peserta sosialisasi adalah seluruh kader dari setiap pos posyandu balita.

Dalam acara tersebut, sejumlah 19 kader hadir dan mengikuti kegiatan sosialisasi hingga akhir. Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Bidan, dan juga Kepala Desa.

Kepala Desa Bringinbendo, Taman, Sidoarjo memberikan sambutan sebelum kegiatan sosialisasi dimulai (foto : ist)
Kepala Desa Bringinbendo, Taman, Sidoarjo memberikan sambutan sebelum kegiatan sosialisasi dimulai (foto : ist)

Kegiatan sosialisasi dibuka dengan sambutan oleh Kepala Desa yang menyampaikan
terima kasih untuk ilmu yang akan dibagikan. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sosialisasi. Sosialisasi tidak hanya memberikan demo penggunaan dashboard, tetapi memberikan kesempatan perwakilah dari tiap pos posyandu untuk praktik langsung.

Dashboard dapat digunakan untuk input dan hapus data pada fitur data anak, orang tua,
imunisasi, dan perkembangan anak (tinggi dan berat badan). Selama sosialisasi, perwakilan kader diajari untuk melakukan input, edit, dan hapus pada keempat fitur tersebut.

Selain itu, terdapat juga beberapa menu seperti menu Dashboard, Jadwal, Petugas, Artikel, dan Keluar yang dijelaskan fungsinya kepada peserta. Setelah mengetahui cara penggunaannya, mahasiswa juga menjelaskan bahwa pemantauan perkembangan anak bisa dilihat di bagian data anak yang disajikan dalam bentuk grafik.

Citra - Ketua Kelompok 8 memberikan plakat pada Kepala Desa (foto : ist)
Citra – Ketua Kelompok 8 memberikan plakat pada Kepala Desa (foto : ist)

Kegiatan sosialisasi di akhiri dengan penutupan KKN. Sebagai kenang-kenangan dan
bentuk terima kasih, kelompok 8 menyerahkan plakat dan cindera mata untuk masyarakat desa Bringinbendo. Citra Amelia berharap kegiatan KKN ini dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Desa Bringinbendo, khususnya para petugas posyandu. Selain itu, dengan adanya dashboard ini, diharapkan dapat memudahkan proses penyimpanan data secara digital, mengurangi penggunaan kertas, dan memberikan akses yang lebih mudah kepada seluruh petugas posyandu dan perangkat desa yang berizin.

Kelompok 8 yang diketuai Citra Amelia terdiri dari mahasiswa Prodi Sains Data antara lain Lisya Septyo Ningrum, . Naomi Dwi Anggraeni, Dwinggrit Oktaviani Putri, Edina Alana Nabila, Chrysilla Citra Windyadari, Fitri Indah Sari, Alya Mirza Safira dan Enzelica Vica Christina.(ac/ist)

Artikel ini ditulis oleh : Kelompok 8 KKN Program Sains Data UPN ‘Veteran’ Jawa Timur