Kolaborasi Gojek & Prakerja, Hadirkan Pelatihan Kewirausahaan Mandiri di 14 Kota Bagi Mitra Driver

22 views
Pelatihan Mitra Driver Gojek di beberapa kota di Indonesia (foto : ist)
Pelatihan Mitra Driver Gojek di beberapa kota di Indonesia (foto : ist)

hariansurabaya.com | SURABAYA – Gojek dan Prakerja, kembali berkolaborasi dengan mengadakan kegiatan Bengkel Belajar Mitra (BBM) bertema “Upgrade Skill biar Makin Terampil” yang berlangsung di KantorPusat Gojek Indonesia, Jakarta. Pelatihan Kewirausahaan Mandiri yang diadakan merupakan puncak pelatihan BBM bekerjasama dengan Prakerja yang telah diadakan di 14 kota besar di Indonesia yang diikuti lebih dari 650 mitra driver.

BBM sebagai wadah pelatihan dan pengembangan diri yang dilaksanakan rutin oleh Gojek sejak 2018 bertujuan untuk mempertahankan kualitas mitra driver sebagai kunci Gojek unggul dalam layanan transportasi online Indonesia serta menaik kelaskan pekerja sektor informal melalui pelatihan pengembangan diri dan softskill.

Deny Gunawan selaku Region Operations Senior Manager Gojek menyampaikan, “Bengkel Belajar Mitra (BBM) adalah salah satu dari rangkaian kegiatan terintegrasi dan berkelanjutan kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan mitra driver baik operasional maupun non-operasional. BBM ini menjadi salah satu motor penggerak Gojek dalam meningkatkan kesejahteraan mitranya yang berfokus pada pengembangan potensi diri dan skill. Yang membedakan BBM kali ini adalah kami berkolaborasi dengan Prakerja, dimana pelatihan ini memiliki kurikulum dan materi yang erat hubungannya dengan kewirausahaan mandiri yang terbukti mudah untuk diterapkan.”

Memfokuskan pelatihan pada topik Kolaborasi Pengembangan Diri Generasi Muda Indonesia melalui Layanan Digital dan Pelatihan Wirausaha Mandiri, Gojek kembali berkolaborasi dengan Prakerja.

Prakerja terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi, produktivitas, daya saing dan kewirausahaan peserta melalui program pelatihan yang beragam. Setiap program pelatihan melewati proses seleksi dan standardisasi oleh tim ahli independen. Kehadiran Prakerja dalam pelatihan BBM jadi bentuk komitmen Gojek untuk terus memberikan kesempatan bagi mitra driver untuk bisa naik kelas melalui pembekalan materi dan pelatihan kewirausahaan yang komprehensif.

Andreas Swasti selaku Head of Ecosystem Development Prakerja menyampaikan, “Kami mengapresiasi langkah Gojek dalam memberikan berbagai pelatihan non-operasional kepada rekan-rekan mitra driver. Kolaborasi dengan Prakerja ini juga diharapkan memberikan manfaat besar bagi rekan-rekan mitra driver untuk dapat meng-upgrade keahlian.”

Kontribusi Prakerja dalam kegiatan kolaborasi ini terwujud melalui dukungan ekosistem lembaga pelatihannya yang tumbuh seiring berkembangnya Program Kartu Prakerja.

Marisa Haki, Mitra Gojek menyampaikan ”Saya membangun usaha kuliner masakan rumahan. Sejak berapa bulan lalu, saya berjualan rumah setiap harinya dan Alhamdulillah selalu habis. Saya merasa hal ini bisa menjadi peluang usaha yang baik untuk kami sekeluarga, tapi saya tidak tahu bagaimana langkah kedepannya agar semakin besar permodalan dan bagaimana menentukan pemasarannya kalau kami ingin memperluas jualannya.”

Marisa sudah menjadi mitra Gojek sejak tahun 2016, ia selalu mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan Gojek baik operasional dan nonoperasional. Marisa merasakan dampak positif dari partisipasinya dalam kegiatan pelatihan.

“Pelatihan Kewirausahaan yang diadakan Gojek dan Prakerja ini bisa menjadi acuan buat saya dan teman-teman driver yang memang sedang membutuhkan saran untuk mengembangkan usahanya. Pelatihan ini juga memotivasi teman-teman yang juga mau memulai usahanya. Pelatihan-pelatihan seperti ini yang kami juga butuhkan, karena kami juga ingin meningkatkan kemampuan pada hal-hal lain untuk pengembangan diri,” tambah Marisa.

Selain pelatihan tatap muka melalui BBM, Gojek juga terus menyediakan pelatihan berbasis online yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui fitur Tips Pintar di aplikasi mitra driver. Tingginya antusiasme mitra driver dibuktikan dengan ragam modul Tips Pintar yang telah diakses sebanyak lebih dari 14 juta kali oleh hampir 1 juta mitra driver.

Deny menambahkan bahwa BBM dan Tips Pintar adalah bagian dari tiga pilar inisiatif Gojek dalam menjadikan mitra driver paling andal dan punya kualitas serta perilaku terbaik dalam memberikan layanan kepada pelanggan. Adapun ketiga pilar tersebut terdiri dari:
1. Pilar Pembelajaran dan Pengembangan (BBM dan Tips Pintar)
2. Pilar Keterlibatan Mitra Driver dan Pelanggan (Forum Kopdar dan Kolom Komentar Pelanggan di Aplikasi)
3. Pilar Apresiasi (Driver Jempolan)

“Kami berharap bahwa pelatihan semacam ini bisa diikuti oleh lebih banyak mitra driver dan diimplementasikan ke dalam upayanya dalam memulai ataupun meningkatkan usahanya. Kami berharap bahwa pelatihan ini bisa menjadi salah satu program yang mendorong mitra untuk naik kelas,” tutup Deny.(ac)