Fast Archery Club Dipercaya Untuk Gelar Kejuaraan Panahan Piala Walikota 2024

52 views
(Foto dua dari kiri) Eringgo Perkasa dari Dispora Kota Surabaya dan Fanny Andyanto Ketua Penyelanggara sekaligus Owner dari Fast Archery Club (foto : acs)
(Foto dua dari kiri) Eringgo Perkasa dari Dispora Kota Surabaya dan Fanny Andyanto Ketua Penyelanggara sekaligus Owner dari Fast Archery Club (foto : acs)

hariansurabaya.com | SURABAYA – Piala Walikota adalah salah satu ajang yang sudah ditunggu. Sebelum covid,  ada Surabaya Open yang memperebutkan piala walikota terdahulu yaitu Risma Trimaharini. Ada serangkaian acara seperti Welcome Dinner, ajang try out juga untuk seleksi atlit PON. 

Untuk tahun ini, Kejuaraan Panahan Piala Walikota 2024 akan dilaksanakan pada 18-19 Mei 2024  di lapangan Bharata Jaya Surabaya dan yang ditunjuk sebagai Pelaksana adalah Fast Archery Club. Berkolaborasi dengan Pengcab Perpani, Dispora dan KONI Kota Surabaya. Kompetisi ini disamping menjadi ajang unjuk gigi para atlet panahan, sekaligus mencari bibit berbakat untuk Porprov dan PON mendatang.

Fanny Andyanto selaku owner Fast Archery Club sekaligus Ketua Penyelanggara Kejuaran Panahan Piala Walikota 2024 mengatakan bahwa Pemkot Surabaya memberikan support yang luar biasa untuk acara yang akan digelar ini. Salah satunya adalah memberikan fasilitas lapangan, tenda, konsumsi dan ambulan. Juga akses yang aman baik untuk atlit, official dan pengunjung.

“Sampai saat ini yang mendaftar sudah mencapai 500 peserta. Kami membuka pendaftaran hanya 5 hari. Tapi antusiasme sangat tinggi. Meskipun sudah ditutup, masih banyak yang mendaftar dan terpaksa di tolak. Ini salah satu bukti kalau panahan peminatnya juga cukup tinggi.” jelas Fanny saat prescon Piala Walikota 2024 pada Kamis sore (16/05/24).

Kejuaran Piala Walikota Surabaya 2024 kali ini dibagi 4 katagori yakni Paralon, Recurve, Compound, Nasional dan Barebow. Masing-masing divisi lomba ada tiga kelompok usia.  

Sedangkan Eringgo Perkasa selaku perwakilan dari Dispora Kota Surabaya mengaku senang dengan digelarnya Kejuaran Panahan Piala Waikota Surabaya 2024. 

“Kami cukup senang dengan digelarnya Kejuaraan Panahan kali ini. Karena dari Kejuaraan ini, kita akan mencari atlit yang berbakat yang nantinya akan dibina untuk menjadi atlet panahan yang handal. Yang bisa mewakili Kota Surabaya, Jatim bahkan Indonesia di event dunia. Terutama event yang paling dekat adalah Porprov 2025 dan PON.” jelas Eringgo.

Salah satu atlit panahan yang cukup berprestasi adalah Nadia As Safa Noor Ilmi, yang masih kelas 6 di SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. 

Seperti yang disampaikan Izul Fiqri orangtua dari Nadia As Safa Noor Ilmi, yang ikut senang dengan adanya kejuaran panahan piala Walikota Surabaya tahun 2024 ini.

“Nadia senang akan ikut kejuaran Piala Walikota 2024 ini. Dia sudah banyak berlatih dan persiapan untuk mengikut ajang ini.” jelas Izul Fikri.

Izul sangat mendukung kegiatan ini. Karena disamping anaknya senang olah raga ini, panahan juga bisa melatih otak untuk bisa belajar fokus. Buktinya sejak kelas 2 SD, Nadia sudah banyak mengumpulkan piala dari panahan. 

Yang terbaru adalah Nadia bisa meraup medali emas dari Kejuaraan Panahan Piala Gubernur Jawa Timur ke 2 tahun 2024, di Lapangan Jatim Seger Surabaya yang digelar dari tanggal 24 hingga 28 April 2024. Dia tampil di kategori Compound dan  meraup 6 medali emas terdiri dari lima medali Emas dari kategori Compound usia 12 tahun (U12) Putri dan 1 Emas dari kategori Compound U15 Putri.

Sedangkan harapan atas diselenggarakannya acara ini, Fast Archery Club sebagai pihak penyelenggara ingin acara ini bisa sukses dan banyak muncul atlit yang berprestasi sehingga bisa dikirim ke ajang Porprov atau PON. Semoga acara Piala Walikota ini bisa menjadi event rutin tahunan dan kembali menjadi event nasional.(acs)