mendaftarkan bpjs kesehatan calon bayi, baby, new born, insurance

Cara Mendaftarkan BPJS Kesehatan Calon Bayi/Bayi Dalam Kandungan

Siapa bilang calon bayi yang masih dalam kandungan tidak bisa didaftarkan asuransi? Mendaftarkan BPJS Kesehatan calon bayi atau bayi yang masih dalam kandungan bisa banget dilakukan, agar bayi ketika baru lahir bisa langsung ditangan dengan cover biaya dari asuransi BPJS Kesehatan.

Untuk pemegang Kartu Indonesia Sehat atau BPJS Kesehatan mandiri, syarat utama yang harus dipenuhi sebelum mendaftarkan asuransi si calon bayi adalah, orangtuanya harus sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan yang aktif.

cara membuat kartu indonesia sehat

Cara mendaftarkan calon bayi ke kantor BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Mempersiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Adapun beberapa dokumen yang dibutuhkan antara lain:

  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Kartu Indonesia Sehat aktif orangtua
  • Surat keterangan hamil/hasil USG resmi dari bidan atau dokter

2. Datang ke Kantor BPJS Kesehatan

Setelah dokumen-dokumen tersebut di atas sudah siap, saatnya datang ke kantor BPJS Kesehatan. Kalau di Surabaya, kantor BPJS Kesehatan ada di jalan Dharmahusada Indah no.2-Surabaya.

Ambil formulir pendaftaran di loket A, diisi kemudian serahkan petugas yang bertugas di loket A. Selanjutnya akan didata, dan selesai. Silakan pulang dan tunggu SMS berikutnya dari BPJS.

Selang beberapa hari anda akan mendapatkan SMS dari BPJS Kesehatan, simpan SMS tersebut untuk ditunjukkan kepada petugas saat registrasi ulang pada saat bayi sudah lahir.

Untuk cara mendaftar BPJS Kesehatan bisa juga dibaca di sini: CARA MEMBUAT KARTU INDONESIA SEHAT (BPJS KESEHATAN) DI KANTOR BPJS KESEHATAN SURABAYA

3. Saat Bayi Lahir

Saat bayi sudah lahir, segera minta surat keterangan lahir dari bidan atau dokter yang menangani. Fotokopi surat keterangan lahir tersebut beberapa lembar untuk mengurus BPJS Kesehatan, akta kelahiran dan lain-lain. Simpan rapi surat keterangan lahir yang asli agar kelak bisa digunakan kembali jika dibutuhkan.

Sekarang saatnya kembali lagi ke kantor BPJS Keehatan dengan membawa fotokopi kartu keluarga, kartu Indonesia Sehat ibu (yang melahirkan), dan fotokopi surat keterangan lahir. Serta siapkan uang sebesar iuran BPJS Kesehatan kelas berapa yang dipilih.

Sesampainya di kantor BPJS Kesehatan, masuk ke loket E dan tunjukkan berkas-berkas yang sudah disiapkan tadi. Bayar iuran BPJS, kemudian bayi anda akan mendapat e-id, atau kartu BPJS sementara untuk bisa digunakan mengklaim biaya perawatan kesehatan bayi.

Kartu ini sifatnya sementara, hanya bisa digunakan selama tiga bulan saja. Untuk mendapatkan Kartu Indonesia Sehat yang resmi, bayi harus dibuatkan akta kelahiran dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *