terhindar dari stres

Tidak Perlu Panik, Lakukan 3 Hal Ini Untuk Terhindar Dari Stres Berat

Aktifitas kita sehari-hari, terkadang bisa membosankan, terkadang juga malah bisa bikin stres berat. Terlebih jika kita memiliki tanggung jawab yang cukup berat di dalam suatu pekerjaan, menemui kendala kecil sekalipun bisa membuat hati deg-degan. Pekerjaan yang menuntut kita selalu intens seringkali bisa membuat stres berat.

Berada di posisi yang rentan stres, kita dituntut untuk selalu me-manage pikiran dan hati agar selalu berada di kondisi yang stabil agar tidak mengalami depresi. Untuk itu, sebaiknya lakukan 5 hal berikut ini agar terhindar dari stres berat.

1. Selalu Berpikiran Positif

smile girl, girl, terhindar dari stres

Orang-orang yang suka tantangan dan siap di kondisi yang terberat, adalah orang-orang yang selalu bisa berpikiran positif, dan selalu optimis mereka bisa menghadapi segala tantangan.

Bayangkan kalau seorang pemadam kebakaran saat harus memadamkan api di suatu rumah yang terbakar. Jika pemadam kebakaran tersebut sebelum melakukan tugasnya sudah berpikir akan gagal, terbakar ataupun meninggal, sampai kapanpun mereka tidak akan berhasil memadamkan api.

Dengan sikap optimis, tenang dan berpikir positif, siapapun pasti akan lebih mudah dalam menemukan jalan keluar dari permasalahan yang dihadapinya. So, be positive!

2. Berhentilah Sejenak Saat Kepala Mulai Mendidih

terhindar dari stres, listening music, girl

Pada saat keadaan sudah terasa crowded, permasalahan yang dihadapi sudah mulai membuat kepala mendidih. Ada baiknya jangan diteruskan aktifitas tersebut, berhentilah sejenak, ambil napas yang dalam dan tenangkan hati.

Jika memungkinkan, belilah makanan favoritmu, dengarkan musik dari band idolamu, atau melakukan kegiatan lain yang sekiranya bisa mendinginkan kepala. Melihat video stand up comedy di Youtube juga boleh kalau hal itu bisa meredam stresmu.  Berikan tubuh kamu haknya untuk beristirahat, terlalu capek juga bisa memicu stres berat.

3. Catat Semua Kegiatan Penting, dan Buat Checklist

resign, note, terhindar dari stres

Salah satu penyebab stres dan kurangnya konsentrasi dalam pekerjaan adalah kurang teraturnya manajemen, entah itu manajemen waktu, keuangan ataupun yang lainnya.

Setiap pagi kita selalu dihadapkan pada beberapa pekerjaan penting yang harus segera dikerjakan. Jika tanpa ada manajemen yang baik, belum mulai pekerjaan kita sudah dibuat stres harus mengerjakan yang mana dulu. Belum lagi kalau ternyata nantinya ada pekerjaan yang harus segera diselesaikan, sedangkan pekerjaan yang kita kerjaan masih belum selesai.

Buat list apa saja pekerjaan yang harus dikerjakan hari ini, kemudian berikan skala prioritas untuk menentukan pekerjaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Pekerjaan yang paling urgent dikerjakan terlebih dahulu, begitu sampai pekerjaan mana yang deadline-nya paling lama. Dengan membuat list pekerjaan berdasarkan skala prioritas, konsentrasi kita tidak akan terpecah, bisa fokus pada pekerjaan yang kita list dulu, sehingga peluang stres bisa ditekan seminim mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *