Trakindo Luncurkan Hydraulic Excavator Seri Baru

295 views
(try/hariansurabaya.com)

SURABAYA – PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar meluncurkan hydraulic excavator generasi terbaru (Next Gen), yaitu Cat 320 GC dan 320 yang dikenalkan saat Customer Gathering di Kantor Trakindo, dikawasan Rungkut Industri Surabaya, Rabu (15/8).

Azkhwaldi Aziz Chan, Region Manager East Java Trakindo menjelaskan, pluncuran Cat 320 GC dan 320 Next Gen adalah bagian dari komitmen Trakindo dalam memberikan solusi terbaik bagi pelanggan. Dan diharapkan dapat berkontribusi pada kemajuan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Saat ini, pemerintah menjadikan pembangunan infrastruktur prioritas utama dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi dan daya saing nasional. Melalui sub-sektor seperti konektivitas, ketahanan air dan pangan, perumahan, serta infrastruktur permukiman. Hydraulic excavator kelas 20 ton adalah alat berat yang paling diminati di pekerjaan infrastruktur. Karena memiliki fungsi serbaguna dan mampu melakukan pekerjaan di berbagai medan,” kata Azkhwaldi.

Saat ini, lanjutnya, Trakindo masih di urutan empat besar. “Di 2018 ini, ada kenaikan pertumbuhan pasar alat berat di Jatim sebesar 30 persen. “Sehingga kami kenalkan produk baru di pasar Jatim ini untuk mendorong peningkatan marketshare ini,” jelasnya.

Sementara Rozy Andrianto, GM Marketing Forestry, Agriculture dan Construction Trakindo menambahkan, Cat 320 GC dan 320 Next Gen adalah transformasi dari hydraulic excavator kelas 20 ton. Produk generasi terbaru ini dilengkapi  berbagai teknologi yang didesain untuk meningkatkan produktivitas kerja, namun sekalian menekan biaya operasionalnya. 

“Produk baru ini, kami harapkan dapat selalu menjadi solusi bagi pelanggan yang berjiwa inovatif, serta melakukan pengembangan berkelanjutan dalam mencapai produktivitas yang lebih tinggi,” tambah Rozy.

Ditambahkan Rozy, konsumsi bahan bakar rata-rata Cat 320 GC turun hingga 20 persen dari pendahulunya, yaitu menjadi 13 liter/jam. “Jika pada penggunaan tahun pertama pelanggan mendapati konsumsi rata-rata bahan bakar melebihi angka tersebut, maka selisihnya dapat diklaim ke Trakindo dan akan kami ganti dalam bentuk voucher suku cadang (selama pemakaian sesuai ketentuan dan dimonitor oleh sistem Product Link),” janjinya.

Teknologi terdepan di Cat 320 mengajak pelanggan untuk dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi kerja hingga 45 persen. Cat Grade 2D membantu operator melakukan pekerjaan grading, serta cut and fill, lebih cepat dan tepat. 

Cat Grade with Assist membantu pergerakan boomstick  & bucket yang otomatis menghasilkan akurasi pekerjaan dengan kerja yang minimum, operator hanya menentukan kedalaman dan memonitor kemiringannya. Cat Payload memastikan ketepatan jumlah muatan dengan memberikan informasi penimbangan langsung yang akurat selama proses kerja, sehingga membantu menghindari kelebihan/kekurangan muatan. 

“Cat 320 memberikan garansi hemat bahan bakar pada tahun pertama dengan konsumsi rata-rata 16 liter/jam,” pungkas Rozy. (try)