Di Masa Pandemi, Masyarakat Tetap Bisa Bantu Sesama Dengan Donasi Digital

64 views
Pandemi, Masyarakat Tetap Bisa Bantu Sesama Dengan Donasi Digital

hariansurabaya.com | Di Masa Pandemi, Masyarakat Tetap Bisa Bantu Sesama Dengan Donasi Digital

Surabaya – GoPay berkomitmen memajukan filantropi di Indonesia dengan mengenalkan GoPay Digital Donation Outlook (DDO) 2020, riset terlengkap mengenai situasi donasi digital di Indonesia. Bersama Kopernik, organisasi peneliti dan pengembangan masyarakat terkemuka di Indonesia, GoPay mengungkap secara detail ekosistem donasi digital di Indonesia, mulai dari tren kebiasaan masyarakat berdonasi, tantangan utama yang dihadapi ekosistem filantropi dan rekomendasi untuk bersama mengembangkan filantropi di Indonesia.

Managing Director GoPay, Budi Gandasoebrata mengatakan, pihaknya mendalami berbagai aspek dalam donasi digital dan memuat sudut pandang semua pemangku kepentingan mulai dari donatur, Kementerian Sosial, hingga influencer media sosial melalui sebuah riset.

“Kami berharap riset ini dapat menjadi acuan berbagai pihak agar terus mempermudah masyarakat Indonesia membantu sesama,” katanya.

Dampak positif yang diciptakan lewat donasi digital GoPay mencatat transaksi donasi naik 2x selama pandemi, dengan total nilai donasi dari Maret – Oktober 2020 mencapai Rp 102 miliar.

Sementara itu Kasubdit Direktorat Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia, Ganjar Basuki Santoso mengungkapkan, saat pandemi donasi digital membuat masyarakat bisa tetap membantu sesama secara cepat, aman dan tanpa kontak.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan berbagai pihak dalam mengembangkan ekosistem donasi digital, termasuk salah satunya melalui riset ini,” ungkapnya.

Sejak 2019, GoPay telah aktif mengembangkan ekosistem filantropi melalui pemanfaatan pembayaran digital untuk penghimpunan donasi serta melakukan pelatihan bagi ratusan mitra rumah ibadah dan yayasan di seluruh Indonesia. (rls)