Gubernur Jawa Timur Pimpin Apel Gelar Operasi Lilin 2020

138 views
Gubernur Jatim Khofifah Pimpin Apel Gelar Operasi Lilin 2020 (foto : hariansurabaya)

hariansurabaya.com | Gubernur Jawa Timur Pimpin Apel Gelar Operasi Lilin 2020

Surabaya – Menjelang liburan Natal dan tahun baru 2020, Gubernur Jawa Timur – Khofifah Indar Parawansah memimpin Apel Gelar Operasi Lilin 2020 di lapangan upacara Mapolda Jatim. Turut mendampingi yakni Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta beserta Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto. Acara apel yang dilaksanakan Senin (21/12/2020) itu tepat dimulai pukul 07.00 pagi.

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin yang dilaksanakan serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan berlangsung cukup singkat. Gubernur menyampaikan bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pasukan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Disampaikan dalam arahannya, Gubernur menyampaikan perayaan Natal dan tahun baru akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian yang tentu saja sangat berpotensi untuk terjadinya gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, serta pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

“Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini. Kita harus lebih peduli, jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan tahun baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19!” Pesan beliau

Gubernur menambahkan, bahwa berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras maupun aksi perusakan fasilitas umum.

“Dalam kegiatan ini, kita juga mengantisipasi terjadinya kantibmas yang meresahkan masyarakat, seperti narkoba, pesta miras dan ancaman terorisme.” Ungkap beliau.

Gubernur Jawa Timur didampingi Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta beserta Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto(foto : hariansurabaya)

Gelar Operasi Lilin 2020 kali ini dilaksanakan selama 15 hari, yakni mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021, dengan mengedepankan kegiatan preemtif serta preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegak dan profesional.

Dalam arahannya, Gubernur menghimbau agar dalam pelaksanaan Gelar Operasi Lilin agar tetap memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun bru dengan rasa aman dan nyaman.

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico menambahkan, bahwa dalam pengamanan Natal dan tahun baru, Polri telah menyiapkan 83. 917 personel, serta 15.842 dari TNI, dan 55.086 personel dari instansi terkait.

“Personel tersebut akan ditempatkan di 1.607 pos pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan” Ungkapnya.

Acara Apel Gelar Operasi Lilin 2020 tersebut diakhiri dengan foto bersama Gubernur, jajaran, serta masing-masing ketua regu kelompok yang mengikuti apel pagi itu dengan jaga jarak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.(lang)