Aktif Terapkan Nilai CIEL-PIPM, Gubernur Khofifah Raih Penghargaan Srikandi Punokawan Spirit

17 views
Aktif Terapkan Nilai CIEL-PIPM, Gubernur Khofifah Raih Penghargaan Srikandi Punokawan Spirit
Aktif Terapkan Nilai CIEL-PIPM, Gubernur Khofifah Raih Penghargaan Srikandi Punokawan Spirit

hariansurabaya.com | SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meraih penghargaan Gubernur Srikandi: Punokawan Spirit dari Markplus.Inc di acara Indonesia Marketing Festival Jatim 2023 di Hotel Serathon Surabaya, Kamis (7/9).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Chairman Markplus.Inc, Hermawan Kartajaya secara langsung pada Gubernur Khofifah yang didampingi Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unair, Menteri BUMN periode 2011-2014 Dahlan Iskan, dan Menkop UKM periode 2014-2019 Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Penghargaan ini diberikan karena Gubernur Khofifah dianggap telah merepresentasikan nilai-nilai Punokawan yakni Creativity, Innovation , Entrepreneurship, dan Leadership (CIEL) yaitu kreatif, inovatif, entrepreneurship, dan berjiwa pemimpin. Serta nilai tokoh pandawa lima yakni Productivity, Improvement, Professionalism, dan Management (PIPM).

Tak hanya itu, penghargaan Gubernur Srikandi: Punokawan Spirit ini juga mencerminkan kekuatan, ketangguhan, dan keuletan. Dimana Gubernur Khofifah dianggap berhasil melakukan berbagai inovasi kebijakan dan program-program kerja yang terarah.

Atas diraihnya penghargaan ini, Gubernur Khofifah menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada Markplus.Inc. Menurutnya, penghargaan ini menjadi bukti dari komitmennya untuk terus melakukan berbagai program kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Provinsi Jawa Timur.

“Alhamdulillah dan terimakasih atas sinergi, kolaborasi dan strong partnership dari seluruh elemen strategis di Jawa Timur. Bahwa berbagai kemajuan dan inovasi pembangunan di Jatim ini merupakan kerja keras dan komitmen kita bersama,” katanya.

Khofifah mengatakan, saat ini pemasaran menjadi hal yang sangat penting. Dimana seluruh keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif yang dimiliki oleh Jawa Timur dan Indonesia harus mampu dikenalkan dengan baik melalui upaya pemasaran yang baik.

Untuk itu, suatu organisasi tidak cukup hanya mengandalkan kapabilitas profesionalisme semata, melalui nilai PIPM. Namun, sebuah organisasi pemasaran perlu membangun keseimbangannya juga dengan mengembangkan kapabilitas Entrepreneurship yang merupakan bagian dari unsur CIEL.

“Konsep keseimbangan antara CIEL dan PIPM ini terinspirasi dari cerita Punokawan dan Pandawa. Tokoh punokawan merepresentasikan Kapabilitas Entrepreneurship yakni CIEL. Sedangkan tokoh Pandawa Lima, merepresentasikan kapabilitas profesionalisme yakni PIPM,” katanya.

“Adanya harmonisasi Punokawan yang membantu Pandawa dalam melawan Kurawa menginspirasi pentingnya ada keseimbangan CIEL-PIPM dalam setiap organisasi untuk bisa memiliki Strategic Competitiveness dalam mengarungi era Post Pandemi ini,” imbuhnya.

Nilai Punokawan ini, lanjutnya, terdiri dari Creativity direpresentasikan tokoh Bagong, dikenal sebagai pribadi yang memiliki kreativitas tinggi dan mampu memberikan ide-ide baru. Innovation direpresentasikan tokoh Petruk, dikenal sebagai pribadi yang cepat tanggap dan memiliki kemampuan untuk berani berinovasi di berbagai situasi.

Entrepreneurship direpresentasi tokoh Gareng, dikenal sebagai pribadi yang dapat membuka kesempatan untuk masuk dalam dunia kewirausahaan. Kemudian Leadership direpresentasikan oleh tokoh Semar, dikenal sebagai pribadi yang memiliki kebijaksanaan untuk memberikan nasihat sebagaimana sosok pemimpinķ bertindak dalam suatu kelompok.

Selanjutnya, nilai-nilai pandawa lima yakni productivity direpresentasikan tokoh Nakula dan Sadewa, dikenal sebagai dua pribadi dengan wawasan pengetahuan yang tinggi. Improvement direpresentasikan tokoh Arjuna, dikenal sebagai pribadi yang konsisten dalam mengembangkan keterampilannya.

Professionalism direpresentasikan oleh tokoh Bhima, dikenal sebagai pribadi dengan tekad besar untuk menyelesaikan tugas-tugasnya sekaligus memimpin kelompoknya saat bertarung. Serta Management direpresentasikan tokoh Yudhistira yang jujur, adil, dan memiliki toleransi tinggi.

Lebih lanjut, penghargaan Gubernur Srikandi: Punokawan Spirit ini diberikan kepada Gubernur Khofifah karena meskipun pada awal kepemimpinannya Jawa Timur dan seluruh negara menghadapi pandemi Covid-19, namun ia berhasil melakukan berbagai inovasi kebijakan dan program program kerja yang terarah.

Beberapa terobosan tersebut, antara lain seperti Anjungan Belajar Mandiri (ABM) yang menjadi solusi terhadap kebutuhan pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19, Millenial Job Center yang memberikan kesempatan pemuda untuk mengembangkan kompetensi dan akses ke lapangan pekerjaan, ada juga PKH Plus di 38 kab/kota.

Selain itu, Provinsi Jatim juga berhasil mencapai penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Tahun 2021 sebesar 99,36% yang merupakan tertinggi se-Indonesia. Terbaru, berdasarkan pemutakhiran indeks desa membangun IDM 2023, Jatim dinobatkan sebagai provinsi dengan desa mandiri terbanyak se-Indonesia.

Dimana berdasarkan Keputusan Menteri Desa PDTT RI nomor 174 tahun 2023 tentang status kemajuan dan kemandirian desa tahun 2023, jumlah desa mandiri di Jatim tercatat sebanyak 2.800 desa dengan status mandiri, 3.674 desa maju, dan 1.247 desa dengan status berkembang.

Di akhir, Gubernur Khofifah mengapresiasi penyelenggaraan Indonesia Marketing Festival yang diselenggarakan oleh Markplus.Inc. Menurutnya, acara ini memberikan platform yang luar biasa untuk para profesional pemasaran, pelaku bisnis, dan inovator untuk bertukar gagasan, belajar dari pengalaman sukses, dan merencanakan masa depan yang lebih cerah dalam industri ini.

“Acara ini juga menjadi kesempatan bagi kita untuk membahas tren terbaru dalam dunia pemasaran, termasuk strategi digital, pemasaran berkelanjutan, dan penggunaan teknologi canggih untuk mencapai hasil yang optimal,” katanya.

“Kalau tidak ada marketer yang top, kita tidak bisa mengenalkan dengan baik apa yang bisa menjadi potensi-potensi efektif. Misalnya agar para investor bisa tertarik berinvestasi karena Jatim menawarkan kemudahan perizinan dan berbisnis, daya saing dan seterusnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Chairman Markplus.Inc Hermawan Kertajaya mengatakan, bahwa penghargaan kepada Gubernur Khofifah sebagai ‘Srikandi Punokawan’ memiliki arti luas yakni seorang Srikandi yang berjiwa Punokawan.

“Saya Optimis Jawa Timur di bawah kepemimpinan Gubernur Khofifah diyakini bisa menjadi jalan tengah antara Negara Barat dan Negara China. Apalagi, Jatim memiliki jumlah Pondok Pesantren, Kiai, hingga Santri yang banyak menjadi sumber kekuatan spiritual yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini turut diberikan penghargaan Industry Marketing Champion oleh Chairman Markplus, Inc diantaranya kepada Roy Wahyu Maulana (BNI Wilayah 06 Surabaya), Mulyono Rekso (Pegadaian Kanwil XII Surabaya), Hernina Agustin Arifin (BPJS Kesehatan), Riny Novitriyanti (Telkomsel), Annisa Pratiwi (Ladang Lima), dan Lanny Siswadi (Sambal dan Depot Bu Rudy).(ac)