FIFGROUP & BBPPMPV Cianjur Tandatangani MoC Pelatihan Kultur Jaringan Bagi Guru SMK Pertanian

17 views
Foto bersama sesaat setelah penandatanganan MoC (Memorandum of Cooperation)
Foto bersama sesaat setelah penandatanganan MoC (Memorandum of Cooperation)

hariansurabaya.com | JAKARTA – Langit biru dengan awan cerah, hamparan pohon rindang serta lapangan hijau di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian – Cianjur, menyambut kedatangan rombongan PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial pada Rabu, 25 Oktober 2023.

FIFGROUP bekerja sama dengan BBPPMPV mengadakan workshop pelatihan untuk guru SMK Pertanian binaan FIFGROUP dalam pembibitan kultur jaringan. Lalu, kenapa kultur jaringan? Kultur jaringan memiliki potensi yang bagus dalam memperbanyak tumbuhan dan efektivitas kultur jaringan jika dilakukan dengan benar akan mencapai atau menghasilkan jumlah bibit pohon yang banyak.

Acara diawali dengan penandatangan Memorandum of Cooperation (MoC) yang dilakukan oleh Esther Sri Harjati selaku Human Capital (HC), General Support (GS), Corporate Communication, Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Director FIFGROUP, dan perwakilan dari BBPPMPV, Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian – Hedi Holidin.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh EHSSR & Sustainability Management Department Head
FIFGROUP – Charles DW Simaremare, Jawa Barat Area Department Head FIFGROUP – Kukuh Sukarsono, Kepala Cabang FIFGROUP Cianjur – Rudi Sihabudin, Kepala Sekolah SMK PP Cianjur – Undang Iman Santosa, Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan SMK N 1 Pagelaran –  Rizal Firmansyah dan Wakil Kepala Sekolah SMK N 1 Pacet – M. Fadholi, STP., MP.

Selain itu, juga berkolaborasi dengan tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian, yaitu SMK Negeri 1 Pacet, SMK Negeri 1 Pagelaran, dan SMKN PP Cianjur, untuk melakukan
penanaman sebanyak 1.900 bibit pohon di Gedung BBPPMPV Pertanian, Cianjur.

Pada bulan Oktober 2023, FIFGROUP juga mengadakan kegiatan tanam pohon di sembilan titik lokasi cabang yaitu FIFGROUP Cabang Tanjung, Tabanan, Solo, Bandar Jaya, Pangkalan Bun, Muko-Muko, Kadipaten, Situbondo, dan Depok II, dengan masing-masing menanam 500 bibit pohon, sehingga menjadi 4.500 bibit. Sehingga jika digabung dengan penanaman di BBPPMPV Cianjur ini, maka total 6.400 bibit pohon ditanam pada bulan Oktober 2023.

Simbolis penyerahan bibit pohon yang dilakukan oleh Human Capital (HC), General Support (GS), Corporate Communication, Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati kepada Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian, Hedi Holidin bersama dengan Kepala Sekolah SMK PP Cianjur, Undang Iman Santosa, Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan SMK N 1 Pagelaran, Rizal Firmansyah, dan Wakil Kepala Sekolah SMK N 1 Pacet, M. Fadholi, STP., MP.,
Simbolis penyerahan bibit pohon(ist)

Dalam sambutannya Esther mengatakan, “Kegiatan tanam pohon ini dilakukan sebagai upaya FIFGROUP dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 13 tentang climate action (penanganan perubahan cuaca) dan nomor 15 tentang life on land (menjaga ekosistem darat), serta mendukung Environmental, Social & Governance (ESG) nomor 5 yaitu biodiversity.”

“Sampai dengan Agustus 2023, FIFGROUP telah melakukan penanaman sebanyak 19.934 bibit pohon konservasi dan mangrove yang ditanamkan di 37 lokasi cabang FIFGROUP, yang bekerja sama dengan 37 SMK Pertanian di seluruh Indonesia. Terakhir pada awal September lalu, FIFGROUP melakukan penanaman 500 bibit pohon mangrove di Kawasan Hutan Mangrove Kuala Langsa bersama dengan SMK 5 Langsa.” lanjutnya.

Esther menambahkan, “Saya berharap melalui kolaborasi positif ini dan juga dengan pohon-pohon yang ditanam akan tumbuh subur memenuhi bumi Indonesia sehingga dapat memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan. Mari saling mengingatkan dan menjaga, sehingga manfaatnya dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari kita,” imbuh Esther.

Hedi Holidin selalu Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian mengatakan, “Sungguh senang dan bahagia rasanya jika bertemu dengan pihka-pihak yang concern dengan kelangsungan lingkungan hidup, salah satunya dengan keberadaan pohon di Indonesia. Semoga kolaborasi yang terjalin, dapat terus berjalan dengan baik kedepannya. Terima kasih kepada FIFGROUP atas perhatian dan kolaborasi yang luar biasa ini.”(ist)