Memberikan Pendidikan Mengenai Data Kepada Siswa SD, Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur KKN Ke SD KH Mas Alwi Surabaya

72 views

hariansurabaya.com | SURABAYA – Dalam upaya memberikan pendidikan mengenai data kepada siswa Sekolah Dasar, Kelompok 04 Mahasiswa KKN dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur dari Program Studi Sains Data mengambil inisiatif positif untuk melakukan sosialisasi dan edukasi tentang data di SD KH Mas Alwi Surabaya mulai 5-7 November 2023.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan literasi siswa dalam belajar matematika dan memahami peran data dalam kehidupan sehari-hari melalui situasi nyata di masyarakat.
Fokus kegiatan melibatkan sosialisasi statistik dengan pemberian materi terkait mean,
median dan juga modus. Selain penyampaian materi, kelompok mahasiswa KKN juga
mengadakan kuis berbasis materi yang telah dijelaskan sebelumnya.

“Tujuan kuis tidak hanya untuk memberikan hiburan kepada siswa, melainkan juga untuk menguji pemahaman mereka terhadap konsep-konsep statistika yang telah disampaikan. Kuis diorganisir secara berkelompok, dimana memungkinkan siswa untuk berkolaborasi dalam menghitung dan bersaing memperebutkan peringkat 1, 2, dan 3.” jelas Muhimmatul Arofah sebagai Ketua Tim.

Melibatkan siswa secara langsung dalam pengalaman dengan data dan analisis statistika
diharapkan dapat membentuk pemahaman yang lebih mendalam dan relevan. Inisiatif ini tidak hanya berfokus pada pengetahuan teoritis, melainkan juga mengajak siswa untuk menerapkan konsep-konsep tersebut dalam situasi dunia nyata.

Penggunaan materi seperti mean, median, dan modus dalam kuis berkelompok tidak
hanya berfungsi sebagai sarana pendidikan, tetapi juga sebagai bentuk hiburan. Siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan baru, tetapi juga merasakan kegembiraan dan semangat persaingan dalam pemahaman konsep statistika.

“Dengan langkah-langkah ini, diharapkan akan terbuka peluang lebih besar bagi siswa
dalam mengambil keputusan berbasis data di masa depan.” ujar Nur Ainy, S. Pd selaku Kepala Sekolah.

Peningkatan literasi dan pemahaman statistik diharapkan tidak hanya menjadi bekal untuk dunia pendidikan, tetapi juga menjadi pondasi kuat untuk menghadapi tantangan dalam masyarakat yang semakin terkait erat dengan data.

Adapun mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 04 tersebut adalah Muhimmatul Arofah sebagai Ketua Tim dengan anggota antara lain Andry Syva Maldini, Diva Keishya Kirana, Mareta Putri Wardhana, Renaldy Al Ikhsan dan Selena Nurmanina Afandy.(editor : ac)

Tim Penulis adalah Kelompok 04 KKN Program Studi Sains Data Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur